Desa Terong Bersemangat Angkat Desa Wisata

by -

*Kembangkan Potensi Wisata, Salah Satunya Bukit Tebalu

Maulidi dan Iswandi mengecek lokasi Bukit Tebalu yang memiliki alur sungai kecil yang airnya jernih.
Maulidi dan Iswandi mengecek lokasi Bukit Tebalu yang memiliki alur sungai kecil yang airnya jernih.

SIJUK-Sebagai daerah di kawasan koridor pariwisata, warga masyarakat Desa Terong bersemangat untuk mewujudkan desanya sebagai desa wisata. Untuk itu, sejumlah potensi yang dimiliki desa akan terus dikembangkan sebagai destinasi wisata. Selain itu, warga juga terus mengembangkan potensi akomodasi melalui home stay.
Salah satu komunitas masyarakat yang telah menggarap potensi Desa Terong yakni Komunitas Bukit Tebalu Simpor Laki (BTSL). Komunitas ini sudah menggarap kawasan Bukit Tebalu sejak tiga tahun terakhir.
“Kami warga sepakat untuk mengembangkan kawasan Bukit Tebalu yang akan dikonversi dari hutan tanaman rakyat (HTR) menjadi hutan kemasyarakatan (HKM). Dan syukurlah masyarakat bersemangat menjaga hutan dan memanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat melalui bidang kepariwisataan,’’ ujar Ketua Kelompok BTSL Maulidi kepada Belitong Ekspres, kemarin.
Sementara itu, Ketua BPD Terong Iswandi mengatakan, proses konversi HTR ke HKM agar bisa dikelola untuk mendukung sektor pariwisata, kini terus diurus. “Dalam waktu dekat, pekan depan kami berencana akan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Jakarta atas rekomendasi dari Dinas Kehutanan Kabupaten Belitung,’’ ungkap Iswandi yang juga Ketua Kelompok Kerja Lokal Pariwisata – Destination Management Organization (KKLP-
DMO) Kabupaten Belitung.
Dikatakan Iswandi, pengembangan kawasan Bukit Tebalu harus dibarengi dengan konsistensi dan jiwa enterpreneurship yang baik. Sebab, intinya ini mengelola destinasi wisata dengan prinsip melayani turis dan pengunjung dengan baik.
“View atau pemandangan di Bukit Tebalu berketinggian 165 meter di atas permukaan laut (dpl) memang sangat bagus. Bisa melihat laut lepas, apalagi jika menuju pos kedua dan ketiga di atas,’’ ujar Iswandi kepada Belitong Ekspres, yang kemarin sempat meninjau ke lokasi bersama Ketua Divisi Informasi dan Publikasi DMO Belitung Jumhari.
Dia berharap pengembangan kawasan Bukit Tebalu bisa didukung semua pihak. Sebab, masalah akses jalan ke lokasi, kini menjadi pekerjaan penting bagi masyarakat.
“Saya berharap selama tiga tahun sebgaai bentuk kesungguhan masyarakat mengelola hutan dengan baik sebagai sumber keseajhteraan. Dan saya berharap pemerintah melihat kondisi infrastruktur agar mampu memberikan percepatan pembangunan Desa Wisata Terong. Selain bbukti ada hutan mangrove Terong akan dikembangkan pula,’’ pungkas Iswandi.(agu)