Destinasi Wisata Yang Dapat Menimbulkan Resiko Keselamatan Wajib Miliki SDM Bersertifikat SAR

by -
Destinasi Wisata Yang Dapat Menimbulkan Resiko Keselamatan Wajib Miliki SDM Bersertifikat SAR
Tim Basarnas Kepulauan Belitung saat memberikan pelatihan keselamatan pada Pemuda Karang Taruna Pangkallalang, Kabupaten Belitung, Sabtu (25/1/2020)

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Guna meningkatkan keamanan di destinasi wisata Belitung Ecopark, Pemerintah Kabupaten Belitung menggandeng Basarnas Kepulauan Belitung menggelar pelatihan keselamatan.

Adapun dalam pelatihan yang diinisiasi Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, pihak SAR memberikan pelatihan dan sertifikat bagi tujuh peserta yang berasal dari Karang Taruna Kelurahan Pangkallalang, Tanjungpandan.

Komandan Pos Basarnas Kepulauan Belitung, Rahmatullah Hasyim, melalui Dantim Rescue Pos SAR Belitung, Fernandus, mengatakan, penyediaan keselamatan oleh suatu destinasi diatur dalam undang-undang dan wajib ada.

“Betul, penyediaan fasilitas keselamatan ini wajib, dan sesuai dengan Undang-undang No. 29 Tahun 2014 Pasal 45,” demikian ujar Fenandus dalam rilisnya melalui pesan WhatsApp kepada belitongekspres.co.id, Sabtu (25/1/2020).

Pria yang akrab disapa Dadap ini mengungkapkan, pasal dalam undang-undang tersebut berbunyi: Penyedia jasa pariwisata yang dalam menyelenggarakan kegiatan dapat menimbulkan resiko bagi keselamatan manusia wajib menyediakan sumber daya manusia yang memiliki sertifikat kompetensi di bidang Pencarian dan Pertolongan (SAR).

“Bahkan di pasal 46 dari undang-undang tersebut menyebutkan, bagi destinasi wisata yang tidak melengkapi (Fasilitas Keselamatan), bisa dikenakan sanksi administratif,” ujar Dadap

Terkait dengan kegiatan pelatihan tersebut, pihaknya berharap semoga ke depannya akan meminimalisir kecelakaan di area destinasi wisata. (red)

Editor: Subrata