Di Belitung Pasien Negatif Corona Bertambah 1, Kini Totalnya 19 Orang

by -
Di Belitung Pasien Negatif Corona Bertambah 1, Kini Totalnya 19 Orang
Direktur RSUD dr H Marsidi Judono dr Hendra, SpAn (kiri)

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Direktur RSUD Marsidi Judono dr Hendra, SpAn kembali mengumumkan satu pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Belitung dinyatakan negatif virus corona atau Covid-19. Hasil pemeriksaan laboratorium swab tenggorokan pasien 025 berjenis kelamin perempuan (28) itu diterima pada Kamis (2/4 malam.

Sebelumnya, dua pasien yang terdiri dari satu orang dalam pemantauan (ODP) dan satu PDP hasil pemeriksaannya juga dinyatakan negatif Covid-19. Yakni pasien 044 PDP perempuan (19) dan pasien 046 ODP perempuan (22). Dengan demikian, hingga sore ini hasil pemeriksaan totalnya ada 19 orang negatif Corona.

“Alhamdulillah dari 20 pasien yang swab tenggorokannya dikirim 19 negatif dan 1 positif. Artinya tidak bertambah jumlah pasien positif covid-19 yaitu cluster 034,” ungkap dr Hendra SpAn dalam keterangan tertulisnya kepada Belitong Ekspres, Jumat (3/4) sore ini.

Dia menambahkan, mengenai kondisi kesehatan pasien positif Corona sampai hari ini terus mengalami peningkatan, perbaikan dan masih diisolasi ketat sembariĀ  menunggu hasil pemeriksaan swab dua kali berturut-turut negatif untuk dinyatakan sembuh.

“Sampai saat ini kita juga masih akan menunggu hasil sampel swab tenggorokan metode PCR dari 1 pasien ODP dan 3 pasien orang tanpa gejala (OTG) rapid test positif. Di mana swab-nya sudah kita ambil dan sore ini akan dikirim ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan Biomedis metode PCR,” terang dr Hendra.

Hingga berita ini diturunkan RSUD telah menangani 249 pasien terkait wabah corona. Rinciannya 166 pasien OTG, 72 pasien ODP, 10 pasien PDP dan 1 pasien comfirm positif Covid-19. Dia menambahkan, di sisi lain terjadi perubahan definisi operasional pada Buku Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 per 27 Maret 2020.

Oleh karena itu, pihak RSUD Marsidi Judono mengadakan penyesuaian data status pasien OTG kepanjangan dari (Orang Tanpa Gejala). Yakni, merupakan definisi operasional untuk orang tidak bergejala dan memiliki resiko tertular dari pasien positif Covid-19.

“OTG merupakan kontak erat dari pasien positif covid-19. Yaitu seseorang yang melakukan kontak fisik atau berada dalam ruangan atau berkunjung (dalam radius 1 meter dengan kasus PDP atau pasien positif covid-19) dalam dua hari sebelum kasus timbul gejala dan 14 hari setelah kasus timbul gejala,” sebut dr Hendra. (red)

Editor: Yudiansyah