Di Muntok Naik Rp 300/Kg

by -

SEMENTARA itu, di Muntok Bangka Babar (Babar), dari pantauan Radar Bangka, kenaikan beras per kilogram mencapai Rp 200-300. Ace Kenfeng, salah satu pedagang menjelaskan, untuk jenis beras super seperti ukuran lima kilogram dijual Rp 56.500 dari Rp 54.000.
“Sedangkan ukuran 10 kilogram untuk beras super Rp 109.000, yang ukuran 15 kilogram Rp 161.000,”ungkap Ace Kenfeng, Rabu (25/2). Harga yang dijual tersebut kata dia, belum termasuk upah pikul dan ongkos angkut. “Itu baru modal kita saja,” kata dia.
Sementara, Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM Pemkab Bangka Barat (Babar) Andi Hartono mengungkapkan, pihaknya sampai saat ini belum melakukan pemantauan ke lapangan. “Rencananya dalam waktu dua atau tiga hari ini, karena kita juga sedang memperhatikan perkembangan situasi terkait dengan kenaikan harga beras,” ungkap Andi Hartono, ditemui terpisah.
Lebih lanjut dikatakannya, kenaikan harga beras kemarin terjadi kenaikan yang cukup signifikan terhadap beras-beras super. Kenaikan bisa mencapai 3.00 per kilogram. Disinggung penyebab terjadi kenaikan harga beras itu sendiri, menurut dia bahwa faktor yang menentukan itu adalah kondisi cuaca. Sebab 65 persen kebutuhan akan beras di Babar ini dipasok dari luar Pulau Bangka seperti Sumatera dan Jawa. “Sedangkan saat ini dua pedangan besar yang ada di Muntok hanya mampu memenuhi kebutuhan beras di Babar sebesar 15 hingga 20 persen saja,”tutupnya.(Cr63)