Didit Minta Eksekutif Serius

by -

    PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) diminta serius dalam mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) ke DPRD Babel. Pasalnya, pembahasan Raperda di legislatif tergantung penyampaian Raperda oleh pihak eksekutif.
    “Kita targetkan 20 perda tapi sekarang baru yang diselesaikan baru 5 Perda, maka sisanya 15 perda. Insya Allah hingga akhir 2015 nanti walaupun tidak memenuhi target tapi setidaknya 80 persen terpenuhi. Untuk mencapai prolegda ini kita minta Kepada pihak eksekutif agar serius, karena raperda yang paling banyak diusulkan dari pihak eksekutif,” ujar Didit kepada wartawan, Selasa (23/6) kemarin.
    Untuk itu, lanjut dia DPRD telah melayangkan  surat kepada Gubernur agar segera menyampaikan lagi raperda-raperda yang dipersiapkan untuk dibahas di DPRD Babel. “Juli ini kita targetkan ada pembahasan lagi. Jika nanti eksekutif lambat, maka ini akan jadi sasaran empuknya DPRD karena salah satu tugas kita kan fungsi legislasi maka dibutuhkan kerjasama biro hukum dalam hal persoalan ini,” harapnya.
    Selain Raperda dari eksekutif, kata Didit pihaknya juga saat ini sedang mempersiapkan raperda inisiatif dari DPRD dan dalam waktu dekat akan segera dibahas. “Kita sendiri bulan depan akan sampaikan lagi satu raperda hak inisiatif,” tukasnya.(iam)