Dihantam Ombak, Kapal SB Tenggelam

by -

*Kerugian Capai Rp 200 Juta, Sebelumnya Polisi Sudah Ingatkan Cuaca

TANJUNGPANDAN-Diduga akibat dihantam ombak tinggi, kapal pengangkut sayur dan buah asal  Muara Angke Jakarta tenggelam, di perairan laut sekitar Pulau Seliu, Minggu (9/8) lalu sekitar pukul 13.00 WIB. Kapal pengangkut barang Satria Baru (SB) yang dibawa tujuh anak buah kapal (ABK) ini diketahui milik Haji Jupe asal Jakarta. Dikabarkan tujuh ABK selamat dalam peristiwa ini.
Kasatpol Air Polres Belitung AKP Joko Waluyo seizin Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara membenarkan adanya  kejadian tersebut. Dikatakan, Kasatpol Air Polres Belitung, saat itu kapal dari Muara Ake Jakarta, Sabtu (8/8) dini hari.
“Satelah menempuh perjalanan kurang lebih 13 mil laut, dari Pulau Seliu kapal diterjang angin yang sangat kencang. Hingga menyebakan kapal yang bermuatan sayur dan buah mengalami oleng,” ujar Kasatpol Air kepada Belitong Ekspres, Senin (10/8) kemarin.
Akibat terjangan angin sangat kencang, akhirnya kapal ini dihantam ombak keras terbalik dan mengalami kerusakan berat. Beruntung saat kejadian ada beberapa kapal asal Sijuk yang melintas di perairan tersebut yang memberikan pertolongan.
“Sebanyak tujuh anak buah kapal berhasil diselamatkan. Dan saat ini sudah dievakuasi ke darat. Akibat peristiwa ini, pemilik kapal mengalami kerugian sangat besar yakni kisaran Rp 200 juta,”kata AKP Joko Waluyo.
AKP Joko Waluyo menghimbau kepada nelayan khususnya warga Belitung, agar tidak berlayar ke arah Timur. Sebab, saat ini memasuki musim angin Tenggara. Ombak di laut saat ini masih mencapai ketinggian tiga meter.
“Sebelumnya kami sudah menghimbau kepada nelayan. Selain itu, kami juga sampaikan di media. Untuk selanjutnya kami berharap, peristiwa ini tidak terulang,” pungkasnya.

Seperti yang diberitakan Belitong Ekspres, Kamis (6/8) lalu, kondisi peraiaran di Belitung masih stabil, khusunya di wilayah Barat. namun di bagian Timur, mengalami cuaca sangat buruk. Kondisi angin sangat kencang dan ketinggian ombak mencapai tiga meter. (kin)