Dihimbau Waspadai Cuaca Buruk

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

PANGKALPINANG – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta nahkoda kapal laut mewaspadai cuaca buruk untuk menghindari kecelakaan kapal selama arus mudik Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah.
“Berdasarkan informasi dari BMKG Pusat, tinggi gelombang di laut Jawa mencapai 3,5 hingga 4 meter dan ini dapat membahayakan keselamatan pelayaran kapal,” kata Kepala KSOP Pangkalbalam, Adriawan Simanungkalit, Senin (13/7).
Sementara itu, tinggi gelombang di jalur pelayaran kapal penumpang di Pulau Bangka dan Belitung diperkirakan mencapai 2 hingga 2,5 meter, berlaku mulai Senin (13/7) dari pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB.
“Sampai saat ini, kami belum menerima surat edaran larangan berlayar kapal penumpang dan barang, karena ketinggian gelombang masih dinilai aman untuk pelayaran kapal,” ujarnya.
Namun demikian, kata dia, para nahkoda kapal untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dengan selalu memantau perubahan cuaca, meningkatkan komunikasi antarnahkoda kapal lainnya yang sedang dalam pelayaran sehingga bila terjadi kecelakaan bisa saling membantu. “Kami meminta nahkoda menunda keberangkatan kapal atau mencari pulau-pulau terdekat apabila terjadi cuaca buruk yang membahayakan pelayaran kapal,” ujarnya.
Menurut dia cuaca buruk bisa terjadi kapan pun, seiring cuaca di daratan maupun di perairan mengalami perubahan yang cukup tinggi sehingga kewaspadaan dan kehati-hatian para nahkoda selama dalam perjalanan dan akan berangkat ke tempat tujuan sangat penting. “Selama arus mudik ini, keberangkatan dan kedatangan kapal penumpang masih lancar dan belum ada penundaan keberangkatan yang disebabkan cuaca buruk,” ujarnya. (Ant/RB)

banner 1200x200

Baca Juga:  Sambut Ramadan, Molen Pawai Ta'ruf Bareng Warga
Rate this article!
Tags:
author

Author: