Dikecam oleh China, Menlu AS Bela Mesut Ozil

by -
Dikecam oleh China, Menlu AS Bela Mesut Ozil
Mesut Ozil (Twitter)

belitongekspres.co.id, JAKARTA – Amerika Serikat bersuara membela pemain Arsenal Mesut Ozil soal cuitannya tentang Muslim Uighur.

Sebelumnya, pada pekan lalu, Ozil menulis kegelisahannya terhadap persekusi dan penyiksaan yang dilakuan Cina terhadap minoritas muslim Uighur.

“(Di China), Al-Qur’an dibakar, masjid ditutup, sekolah-sekolah teologi Islam, madrasah dilarang, cendekiawan Muslim dibunuh satu per satu,” tulis Ozil Jumat pekan lalu.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, mendukung apa yang disuarakan oleh Ozil. Melalui akun pribadinya, @SecPompeo mengatakan, Cina boleh memboikot siaran pertandiangan Arsenal, namun tidak bisa menyembunyikan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM), terhadap Uighur.

“Gerai propaganda Partai Komunis Tiongkok dapat menyensor pertandingan @ MesutOzil1088 dan @ Arsenal sepanjang musim, tetapi kebenaran akan menang. PKC tidak bisa menyembunyikan pelanggaran #HumanRights yang dilakukan terhadap Uighur dan agama lain dari dunia.” Tulis Mike Pompeo.

Diketahui, dalam cuitan itu, Ozil juga menyindir negara-negara di Dunia yang bungkam melihat penindasan muslim Cina terhadap minoritas Uighur.

“Tak tahukah mereka bahwa menutup mata terhadap penindasan adalah sesuatu yang keji? Tak tahukah mereka bahwa bukan derita saudara-saudara kita yang akan dikenang, melainkan sikap diam kita? Oh, Tuhan, tolong saudara-saudara kami di Turkistan Timur,” tulis Ozil.

Citan Ozil yang diunggah pada Jumat pekan lalu ini, dikecam oleh Cina, Stasiun televisi Cina CCTV bahkan memboikot siaran Arsenal vc Manchester City.

Pemerintah Cina juga mengundang mantan pemain Reak Madrid itu untuk datang dan melihat langsung situasi di Xinjiang.

Ozil dinilai telah termakan oleh berita palsu soal penindasan terhadap Muslim Uighur.

“Saya tidak tahu apakah Tuan Ozil telah pergi ke Xinjiang secara pribadi. Tetapi ia tampaknya telah ditipu oleh berita palsu, dan penilaiannya dipengaruhi oleh kata-kata yang tidak benar,” kata juru bicara kementerian luar negeri Cina, Geng Shuang, dilansir Xinhua. (dal/fin)

 

Artikel ini sudah dimuat di fin.co.id dengan judul Dikecam oleh China, Menlu AS Bela Mesut Ozil