Dinas Pariwisata Belitung Fokus Benahi Wisatawan Lokal

by -
Dinas Pariwisata Belitung Fokus Benahi Wisatawan Lokal
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Meski sektor pariwisata di Bangka Belitung telah dibuka, namun hingga pekan kedua Bulan Juli kunjungan wisatawan di Negeri Laskar Pelangi Pulau Belitung, masih belum maksimal.

Di sejumlah tempat pariwisata seperti Tanjung Kelayang, Tanjung Tinggi hingga Pantai Wisata Tanjungpendam masih didominasi wisatawan lokal. Tidak hanya itu, bahkan hotel-hotel pun masih terlihat sepi.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi mengatakan, saat ini pariwisata di Belitung masih sepi. Berdasarkan data yang dia terima, selama dua pekan setelah dibuka akses di Belitung ada puluhan orang yang berkunjung.

“Puluhan wisatawan dari luar Belitung. Saat mereka datang untuk berlibur, mereka tetap mengikuti aturan protokol kesehatan,” kata Jasagung, kepada Belitong Ekspres, akhir pekan lalu.

Seperti mereka datang ke Belitung harus rapid test dan juga mentaati protokol kesehatan pariwisata. Kata Jasagung, saat ini dinas pariwisata memilih belum melakukan langkah untuk menarik minat wisatawan.

Sebab Pemda Belitung ingin buka untuk warga lokal terlebih dahulu. Seperti membuka Tanjungpendam agar masyarakat bisa datang, sektor perekonomian di Belitung kembali hidup dan berputar.

“Selain itu kita juga ingin berbenah terlebih dahulu. Sebelum wisatawan luar datang ke Belitung. Kami ingin masyarakat tertib. Seperti masuk Tanjungpendam harus menggunakan masker,” ungkapnya.

“Beberapa hari lalu sempat ada insiden antara pengunjung Tanjungpendam dengan petugas. Pengunjung tidak diizinkan masuk lantaran tak memakai masker. Akhirnya bersitegang dengan petugas,” sambungnya.

Adanya insiden ini membuat Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung introspeksi. Dia menginginkan masyarakat Belitung tertib. Sehingga menjadi contoh bagi wisatawan yang berkunjung ke Belitung.

Meski pariwisata Belitung masih sepi, Dinas Pariwisata tetap terus melakukan promosi. Seperti di Bandara Kuala Lumpur Malaysia dan juga di beberapa bus yang ada di Negeri Jiran tersebut.

“Kalau kita masuk bandara Malaysia, kita akan melihat reklame Belitung. Begitu juga di sejumlah bus. Juga terdapat banyak tulisan Visit Belitung,” jelasnya.

Tidak hanya itu, untuk kembali mengairahkan sektor pariwisata, Dinas Pariwisata akan menggelar berbagai event pada Bulan September hingga November. Seperti agenda tahunan Festival Tanjung Kelayang.

“Dari bulan Maret hingga saat ini belum ada event. Karena Pandemi Covid-19. Bahkan anggaran menggelar event sebanyak kurang lebih Rp 9 miliar digunakan untuk membantu penanganan Covid-19,” pungkasnya.

Hotel Sudah Mulai Ada Tamu

Sementara itu GM Santika Premiere Belitung Agus mengatakan, hotel yang dia kelola masih terlihat sepi. Penjunjung mayoritas wisatawan lokal. Atau masyarakat Belitung.

“Kalau akhir pekan sudah mulai ramai. Setiap hari ada beberapa orang yang menginap. Akan tetapi mereka kebanyakan warga lokal,” kata Agus kepada Belitong Ekspres.

Hal sama diungkapkan GM BW Suite Hotel . Katanya, untuk hari-hari biasa tempat ia mengabdi bisa dikatakan sepi. Namun untuk akhir pekan. Wisatawan luar maupun lokal cukup ramai menginap di hotel yang berada di kawasan Jalan Pattimura itu.

“Untuk hari biasa, kami di BW Inn masih lumayan. Namun kalau untuk akhir pekan di BW Suite, cukup ramai. Bisa sampai 30 kamar terisi,” kata Deni didampingi Kajari Belitung Ali Nurudin, akhir pekan lalu. (kin)