Dinas Pariwisata Belitung Optimis Kunjungan 128 Ribu Wisatawan Tercapai

by -
Dinas Pariwisata Belitung Optimis Kunjungan 128 Ribu Wisatawan Tercapai
Perairan Pulau Lengkuas menjadi salah spot snorkling favorit bagi wisatawan saat berwisata ke Kabupaten Belitung. Foto Dok/BE

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Jasagung Haryadi menyatakan optimis target kunjungan wisatawan ke Negeri Laskar Pelangi pada tahun 2020 ini akan tercapai sebanyak 128 ribu orang.

“Pada tahun 2020 ini kita ditarget 128 ribu wisatawan, dan hingga Juli kemarin sudah tercapai 100 ribuan pengunjung, kemungkinan tercapai lah,” kata Jasagung Haryadi kepada Belitong Ekspres, Sabtu (28/11) akhir pekan lalu.

Kata dia, beberapa bulan setelah Juli itu penambahan kunjungan wisatawan memang belum terdata. Namun, dia berharap mudah-mudah di bebarapa bulan itu hingga akhir tahun bisa tercover. Apalagi Belitung akhir-akhir ini sering ada tamu kunjungan dinas, itu juga dianggap wisatawan.

Jasagung menyebutkan hingga akhir tahun nanti ada beberapa event lagi yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan OPD lainnya. “Mudah-mudahan cuacanya bagus, dan wisatawan selalu memperhatikan kasus Covid-19, seperti di bulan Juli dan Agustus itu, melihat Belitung aman, banyak orang yang ke sini,” harapnya.

Lebih lanjut Jasagung mengatakan, target 128 ribu itu merupakan gabungan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara, namun yang lebih dominan wisatawan nusantara. Sebab, untuk wisatawan mancanegara masih terkendala penerbangan yang masih ditutup sementara.

Kemudian untuk hotel yang sudah beroperasi hingga saat ini sejumlah 31 hotel dari total 71 hotel yang ada di Belitung. “Sudah ada 1 hotel di Belitung yang sudah mendapat sertifikat CHSE Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan semua hotel di Belitung menerapkan Protokol Kesehatan,” terangnya.

Sebelumnya Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan wisatawan mancanegara datang ke Indonesia sejumlah 20 juta kemudian diturunkan menjadi 2,8 juta. Sedangkan Belitung dari 500 ribu turun ke 128 ribu. “Untuk Belitung, insyallah tercapai kunjungan 128 ribu itu, gabungan wisman dan wisnus,” tandas Jasagung. ( dod)