Dinas Perikanan Belitung Bakal Helat Lomba Basing Fishing Tournamen

by -
Dinas Perikanan Belitung
Kantor Dinas Perikanan Belitung.

Rebutkan Total Hadiah Puluhan Juta Rupiah
Bagian Dari Pesona Belitung Beach Festival 2

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dinas Perikanan Kabupaten Belitung bakal menggelar lomba Basing Fishing Tournamen. Bertempat di Pantai Tanjung Kelayang, kegiatan ini akan berlangsung pada 31 Agustus sampai 1 September mendatang.

Informasi yang dihimpun Belitong Ekspres, animo masyarakat mengikuti event tahunan Dinas Perikanan tersebut sangat antusias. Hal itu dilihat dari 40 kuota untuk peserta lomba yang disiapkan panitia sudah melebihi jumlah. Per tanggal 19 Agustus, Senin kemarin, jumlah peserta yang sudah mendaftar mencapai 48 tim.

“Syukur alhamdulilah, animo masyarakat sangat tinggi. Dari 40 kuota yang kita sediakan, sekarang ini peserta yang mendaftar sudah sekitar 48 tim,” ungkap Seksi Publikasi dan Dokumentasi kegiatan, Beno, kepada Belitong Ekspres Senin (19/8) kemarin.

Dikatakan Beno, event Basing Fishing Tournamen ini dalam rangka mendukung kegiatan event pariwisata, Pesona Belitung Beach Festival 2. Menurutnya, sejauh ini panitia event sudah melakukan banyak persiapan.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan jajaran kepolisian maupun Puskesmas Sijuk. Karena bagaimanapun dari pihak medis diperlukan untuk berjaga-jaga kalau ada hal-hal yang tidak kita inginkan,” katanya.

Dijelaskannya pula, teknik memancing yang digunakan merupakan kategori bebas. Sementara itu jumlah peserta, tiap-tiap tim berjumlah lima orang. Kegiatan akan dimulai sore hari pada tanggal 31 Agustus dan selesai keesokan harinya pada pukul 12.00 WIB, pada tanggal 1 September.

Lebih Lanjut dikatakannya, untuk juara umum pertama akan mendapatkan total hadiah Rp 25 juta, kemudian juara kedua Rp 20 juta dan juara ketiga Rp 15 juta.”Kalau ada tim peserta yang datang atau kembali dari memancing, melewati batas waktu yang ditentukan, akan didiskualifikasi,” imbuhnya.

Beno menambahkan, para peserta akan mendapatkan hadiah tambahan jika berhasil menangkap ikan berdasarkan kategori spesies yang sudah ditentukan. Seperti spesies ikan kue, ikan tenggiri, ikan kakap, ikan manyung dan ikan kerapu.

“Untuk kategori spesies akan mendapatkan hadiah dengan total sebesar Rp 10 juta. Di mana ikan dengan bobot terberat yang akan menjadi pemenangnya. Dan untuk kapal yang digunakan nanti di bawah 7 Gt,” tutup Beno. (rez)