Dinas TPHPPKKP dan TNI Serahkan Bibit Durian

by -

MEMBALONG-Untuk meningkatkan budidaya tanaman durian, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Peternakan, Perkebunan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (TPHPPKKP) Kabupaten Belitung bersama Koramil 414-04 Membalong membagikan 1000 bibit durian. Bibit durian bersertifikasi itu diberikan kepada dua kelompok tani (poktan) di Desa Bantan, Kecamatan Membalong, Senin (7/12), kemarin.

Penyerahan simbolis dilakukan oleh petugas Dinas TPHPPKKP bersama unsur anggota TNI Membalong Serda Heriansyah. Sekitar 250 warga hadir dalam acara penyerahan sekaligus ikut menyaksikan. Penerimaan bibit oleh Poktan Karya Tani diwakili Arjani dan Poktan Meranti diwakili Asmadi.

Rencananya sebanyak 1000 bibit durian ini akan ditanam diaeral seluas 10 hektar di kawasan kebun Desa Bantan yang dikelola dua poktan tersebut. Berdasarkan pengalaman, bibit durian okulasi ini bisa berbuah lebih cepat dalam waktu sekitar lima tahun.

“Semoga bibit ini bisa ditanam dan dirawat hingga nanti bisa berbuah dengan baik sehingga petani bisa menikmati hasil untuk peningkatan perekonomian keluarga,’’ ujar Serda Heriansyah.

Sementara Arjani mengaku sangat berterimakasih atas pemberian bantuan bibit durian berkualitas ini. “Kami akan menanam dan tentu merawat dengan baik sehingga bisa panen nantinya,’’ ungkapnya dengan sumringah. (mg1)