Dindik Bangka Gelar Nganggung Bersama

by -

SUNGAILIAT – Memeriahkan Hari Guru Tahun 2015, selain memberikan penghargaan, dan juga aksi sekuntum bunga mawar, Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Bangka memeriahkan hari “keramat” bagi guru dan tenaga kependidikan ini melakukan aksi Nganggung Sepintu Sedulang bersama di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka usai melakukan upacara bendera di Lapangan Bola Bina Satria, Rabu (25/11).
“Ide ini dari para guru juga, nganggung sama, dengan makanan khas Bangka dan juga sumbangan dari semua sekolah yang ada di Kecamatan Sungailiat dan Pemali,” ungkap Padli selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka. Diuraikan Padli, kegiatan ini merupakan ungkapan syukur atas nikmat dari Allah SWT, karena Hari Guru masih diperingati dengan penuh suka cita dan juga penuh kebersamaan. “Kita ingin kebersamaan guru semakin erat dan garda terdepan dalam memajukan sumber daya manusia mulai dari usia dini sampai dengan dewasa,” jelas Padli.
Selain itu juga, Padli berharap, sosok dan profesi guru dapat terus meningkatkan kualitas baik dari segi pembelajaran maupun sikap dalam mendidik. “Guru sosok yang mulia, di tangan para guru inilah, kemajuan bangsa dipertaruhkan, apalagi tantangan kedepan semakin besar,” urainya. Selain juga dengan segala apa yang telah diberikan pemerintah, Padli berharap, guru dapat mengimbanginya dengan kerja keras, dan bisa mengantarkan generasi muda ke level keberhasilan.
Bupati Bangka H. Tarmizi Saat mengatakan guru merupakan seorang pembelajar. “Guru selalu hadir sebagai pendidik dan pemimpin bagi anak didikya, guru mengirimkan pesan harapan, optimis dan keceriaan,” ungkap bupati. Selain itu juga, orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini mengutip sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, menjadi guru mempunyai tanggung jawab yang besar, karena itu, dirinya berharap, tanggung jawab ini janganlah dipandang sebagai beban, tapi sebagai kehormatan.
“Guru mendapatkan kehormatan untuk menumbuhkan generasi baru yang tercerdaskan,” harap bupati. Diuraikan mantan sekda Bangka ini, guru juga merupakan sebuah amanah yang harus ditunaikan untuk memajukan bangsa dengan peningkatkan kualitas manusianya. “Pendidikan merupakan tantangan, dan harus ditaklukan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusianya, memberikan pembelajaran bermakna, bermanfaat dan relevan dengan kehidupan siswa dan kebutuhan masyarakat,” kutip bupati.
Kedepan, mulai dari sekarang juga sambung bupati, pemerintah akan terus memberikan ruang bagi guru untuk terus berkarya dan mengembangkan diri secara mandiri maupun bersama-sama, memberikan kontribusinya pada masyarakat dan lingkungan. “Terus belajar, termasuk juga anak didik, karena pemerintah telah banyak menyediakan fasilitas beasiswa untuk meningkatkan mutu pendidikan demi kemajuan bangsa,” tukasnya. (rel)