Dindikbud Belitung Terapkan BDR, Bagi Sekolah yang Terpapar Covid-19

by -
Dindikbud Belitung Terapkan BDR, Bagi Sekolah yang Terpapar Covid-19
Sekertaris Dindikbud Belitung, Juhri

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung menerapkan sistem Belajar Dari Rumah (BDR) bagi setiap sekolah yang terdapat siswanya positif terpapar Covid-19.

“Tidak ada tenggang waktu, begitu ada siswa sekolah yang terpapar kita akan langsung mengambil kebijakan untuk sekolah tersebut menggunakan sistem belajar dari rumah,” ujar Sekertaris Dindikbud Belitung, Juhri kepada Belitong Ekspres, Selasa (2/3).

Dikatakannya, sejauh ini sudah ada beberapa sekolah di Kabupaten Belitung yang sudah menerapkan sistem BDR. Seperti di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 16, SDN 44, SDN 33, SDN 9, SMPN 1 dan SMPN 3 Tanjungpandan.

“Kita tidak mau mengambil resiko. Pada intinya kita berupaya membantu pemeritah untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 dengan menerapkan sistem BDR tersebut,” kata Juhri.

Menurut Juhri, kebijakan sistem BDR ini hanya terhitung selama satu minggu. Namun jika masih ada siswa yang terpapar Covid-19 di sekolah tersebut, maka sistem BDR tetap dilanjutkan.

Oleh sebab itu, diri meminta kepada wali murid atau orang tua siswa untuk memberikan informasi kepada pihak sekolah jika ada anak atau keluarganya yang terpapar Covid-19. Sehingga pihak sekolah bisa melakukan langkah-langkah pencegahan.

“Sistem Belajar Dari Rumah ini dihitung selama 1 minggu. Kalau masih terdapat siswa yang positif Covid-19, maka BDR tetap dilanjutkan hingga sekolah tersebut benar-benar clear dari Covid-19,” jelasnya.

Juhri menambahkan, sistem BDR ini bukan libur sekolah, tetapi siswa tetap diberikan tugas dan bimbingan dari pihak sekolah serta dipandu dari oleh guru masing-masing.

“Siswa tetap melakukan belajar dan mengerjakan tugas dari rumah. Karena itu kami harapkan jangan di sekolah dilarang, namun di rumah malah bebas berkeliaran dan terpapar virus tersebut,” tutupnya. (rez)