Dinkes Babar Tinjau Rumah Homestay Pada HSF

by -

MUNTOK-Tim kesehatan yang terdiri dari Dinas Kesehatan Pemkab Bangka Barat (Babar), Senin (31/8) kemarin melakukan peninjauan terhadap beberapa rumah warga yang akan dijadikan sebagai rumah singgah (homestay) pada penyelenggaran event inernational di Kota Muntok yaitu HSF 2015 dan IMT OLD TOWN,10 September mendatang.
Kabid Pembinaan Kesehatan Masyarakat dan Program Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Babar Achmad Nursyandi mengatakan, peninjauan merupakan salah satu bentuk untuk memberikan kenyamanan kepada setiap tamu negara yang hadir pada HSF dan IMT OLD TOWN mendatang.
“Iya, kita ingin memberikan kenyamanan bagi setiap tamu negara yang hadir pada HSF dan IMT OLD Town mendatang. Untuk itu, hari ini kita lakukan peninjauan untuk memastikan kebersihan lingkungan disekitar beberapa rumah warga yang ditunjuk sebagai lokasi umah singgah (homestay) bagi tamu negara yang hadir,”ungkap Achmad Nursandi kepada RB, Senin (31/8).
Dikatakannya selain peninjauan juga dilakukan penyemprotan untuk mencegah perkembangbiakan dan penyabaran nyamuk atau gentik malaria (IRS).”Jadi, pada peninjauan ini kita (Dinkes,red) juga melakukan penyemprotan untuk mencegah perkembangbiakan dan penyabaran nyamuk atau gentik malaria, serta memberikan penjelasan kepada si pemilik rumah tentang prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta penjelasan lingkungan yang sehat,”kata dia.
Selain melakukan penyemprotan dan memberikan penjelasan kepada pemilik rumah yang dijadikan sebagai homestay pada HSF mendatang, tim kesehatan juga melakukan penempelan stiker serta kawasan dilarang merokok, dan pembagian leaflet tentang PHBS, rokok dan abate.
Disisi lain  Ketua Bidang Publikasi dan Dokumentasi penyelenggaraan HSF 2015 untuk 10 September mendatang yakni Rino Rizandi, pada hari yang sama melakukan rapat koordinasi terkait dengan bidang publikasi dan dokumentasi.”Jadi, rapat koordinasi ini dalam rangka untuk menyatukan persepsi semua panitai yang terlibat di bidang publikasi dan dokumentasi, jangan sampai nanti ada yang tidak diketahui bahwa tugas dan tanggungjawab di bidang publikasi apa-apa saja. Tentunya kita panitia ingin memberikan yang terbaik lah kepada setiap tamu Negara yang hadir pada HSF dan IMT OLD TOWN,”ujar Rino Rizandi.
Jadi, tidak ada lagi para panitia yang ada dibidang publikasi dan dokumentasi ini tidak mengetahui apa yang harus dilakukan pada hari H pelaksanaan event international ini.”Yah mudah-mudahan saja sesuai harapan kita semua proses penyelenggaraan HSF di Babar ini dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan,tentunya kita ingin mengedepankan profesionalitas didalam memberikan pelayanan terhadap tamu Negara yang hadir,”imbuhnya.Rapat kordinasi tersebut berlangsung di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Pemkab Babar, tampak hadir pula sejumla wartawan local yang biasa melakukan peliputan di Pemkab Babar serta beberapa staf Humas dan Dinas Kominfo Pemkab Babar.(ray)