Dinkes Beltim Antisipasi Penyakit Cacar Monyet

by -1 views

*Bentuk Tim Pengawas Penyakit Menular

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Meski belum menemukan indikasi masuknya cacar monyet di wilayah Pulau Belitung, upaya antisipasi telah dilakukan dengan cara membentuk tim pengawas penyakit menular.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Beltim, Muhammad Yulhaidir saat dihubungi Belitong Ekspres, Rabu (15/5) kemarin.

“Kalau kita tetap karena itu kebijakan dari nasional, jadi kita membentuk tim pengawas penyakit menular. Ini juga dengan orang-orang kita. Meskipun sampai sekarang kita berharap di Beltim kecil kemungkinan tetapi karena memang radius Batam sempat ada temuan disana, jadi mereka memberi tahu,” ujar Yulhadir.

Menurut Yulhaidir, upaya antisipasi selain membentuk tim pengawas, Dinas Kesehatan juga sudah menghimbau Puskesmas melalui program P2PM. “Jadi ketika ada gejala yang sesuai dengan kategori seperti itu harus lebih intens. Kalau demam panas biasa mungkin tidak masalah, tapi kalau ada demam disertai bercak-bercak muncul boleh dilihat karena beda-beda tipis bercak merahnya itu,” kata Yulhaidir.

Ia mengungkapkan alasan himbauan disampaikan ke Puskesmas yakni sebagai bentuk kewaspadaan dini. Sehingga ketika menemukan kasus penyakit menular, deteksi lebih maksimal. “Untuk di Dinas sendiri, kita memang punya petugas, ada tim yang bekerja di bdiang surveilance,” jelas Yulhaidir.

“Kita juga harus ingat, kita daerah pariwisata, kecenderungan inilah yang harus membuat kita waspada. Di daerah kita ada penerbangan dari Singapura, Batam dan lain. Kita berupaya mengantisipasi kalau memang ada jalurnya kesana,” tukasnya. (msi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *