Disambar Petir, Kabel PLN Putus

by -
Petugas PLN saat memperbaiki kabel putus akibat sambaran petir di Perawas.

*Sempat Keluarkan Percikan Api, Tak Lama Listrik Normal Kembali

Petugas PLN saat memperbaiki kabel putus akibat sambaran petir di Perawas.

TANJUNGPANDAN-Akibat petir dahsyat yang menyambar Kota Tanjungpandan, Senin (18/4) sore kemarin, membuat kabel listrik di Jalan Jendral Sudirman KM 7 Perawas putus. Akibatnya, aliran listrik di kawasan Perawas dan sekitarnya ikut terputus alias mati.

Sejumlah saksi mata di lokasi sempat melihat saat petir menyambar, ada ledakan keras hingga menggeluarkan api. Bahkan, warga mengaku sempat merasa ketakutan. Salah satu warga yang mengetahui itu langsung menelepon ke pihak PLN Belitung. Tak lama usai kejadian, petugas PLN sudah tiba di lokasi untuk memperbaiki. Perbaikan listrik ini dilakukan di dua titik, namun pada lokasi sama. Beruntung tidak terjadi kerusakan parah sehingga aliran listrik kembali normal.

Salah satu warga sekitar mengatakan, awalnya ia melihat kabel itu putus dan mengeluarkan api. Warga sekitar tidak berani untuk keluar rumah lantaran takut. Bahkan beberapa pengendara memilih untuk berhenti melintas dan putar balik.

“Bahkan, pengendara juga banyak yang menepi di warung saya. Beruntung pekerja PLN cepat datang sehingga bahaya ini bisa diatasi,” ujar wanita paruh baya ini kepada Belitong Ekspres di lokasi.

Sementara itu, salah satu pekerja PLN Kabupaten Belitung Sukimin mengatakan, dirinya sudah menyambung dan memperbaiki kabel-kabel yang rusak. Beruntuk tidak terjadi kerusakan fatal pada aliran listrik.

“Beruntung tidak parah. Untuk sementara yang mati lampu hanya kawasan KM 7 saja. Untuk yang lain, hingga saat ini masih relatif normal,” ujar Sukimin di lokasi, kemarin.(kin)