Disdik Bantah Instruksi Sumbangan

by -

*Untuk Kegiatan  17 Agustusan, Siswa Dipungut Biaya

MANGGAR – Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Belitung Timur (Beltim), Hartoyo membantah,  jika pihak Disdik menginstruksikan bahwa setiap sekolah dianjurkan untuk memungut sumbangan untuk 17 Agustusan kepada setiap siswa. Bantahan tersebut disampaikan menanggapi sms pembaca di Harian Umum Belitong Ekspres, edisi Rabu (5/8) kemarin.

“Tidak, dan kita tidak pernah menyarankan dan melayangkan Instruksi demikian. Dan itu tidak pernah diinstruksikan ke setiap sekolah di Kabupaten Beltim,” ungkap Hartoyo kepada Belitong Ekpres, Rabu (5/8) kemarin.

Hartoyo juga menghimbau jika memang ada sekolah yang mewajibkan hal demikian agar jangan dihiraukan.

“Memang mungkin ada sekolah yang melakukan hal demikian, namun kami tidak pernah menyuruh lakukan hal tersebut. Jika memang orangtua/wali berkeberatan jangan dipaksakan. Menyumbang lah seadanya saja dan tidak harus seperti yang diwajibkan oleh pihak sekolah atau kepala sekolah,” kata Hartoyo.

Ia menyebutkan, biasanya untuk kegiatan peringat HUT RI dari Dindik memang tidak ada memberikan dana dan semua diserahkan ke sekolah. Sebab, biaya atau dana untuk kesiapan Agustusan tidak ada tersimpan di Dindik.

“Sekali lagi jika memang tidak sanggup atau berkeberatan jangan paksakan, jilang saja ke Kepala sekolahnya. Jangan takut dan jangan menjadi beban dari orangtua/wali murid,” tegasnya. (feb)