Disdik Sekolahkan Napi Anak

by -2 views

PANGKALPINANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pangkalpinang berencana memberikan pendidikan kepada para narapidana (napi) anak-anak yang tersangkut masalah hukum. Rencana tersebut, kata Kepala Disdik Pangkalpinang, Edison Taher, akan dilakukan dengan bekerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pangkalpinang.
Edison menjelaskan, langkah tersebut diambil sebagai solusi terhadap para generasi muda yang terhambat pendidikannya lantaran tersandung hukuman atas pelanggaran hukum. Sebab menurutnya meski berada di lapas, anak-anak harus tetap mendapatkan pendidikan.
“Seorang anak yang tersandung masalah hukum juga berhak mendapatkan pendidikan sebagaimana mestinya,” ujar Edison saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (12/2).
Ia menjelaskan di dalam Lapas nantinya akan ada pendidikan yang akan didapatkan oleh anak-anak yang menjadi napi. “Di dalam lapas itu kan diadakan program pendidikan, makanya di Lapas kita ini diadakan program pendidikan berupa paket A,B dan C,” jelasnya.
Ia menjelaskan, program Paket A yakni dikhususkan untuk anak-anak yang tidak menyelesaikan pendidikan sekolah dasar (SD). Sedangkan Paket B untuk anak-anak pada tingkatan SMP dan Paket C untuk mereka yang putus sekolah pada tingkat SMA.
Dia mengatakan, anak-anak yang menjadi napi tersebut juga layak untuk mengecap pendidikan. Dia tak menginginkan napi anak tersebut terputus pendidikannya. “Jadi mereka juga berhak mendapat pendidikan. Karena tersandung hukum, justru harusnya dididik lagi supaya menjadi lebih baik bukan diacuhkan,” tukasnya. (cr61)