Disemprot Disinfektan, Samsat Belitung: Terimakasih PMI

by -
Disemprot Disinfektan, Samsat Belitung Terimakasih PMI
Petugas PMI Belitung yang melakukan penyemprotan di ruangan pelayanan Samsat Belitung.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – PMI Kabupaten Belitung selalu siap dalam mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, meskipun selama bulan Ramadan. Apalagi, sebagai anggota bidang operasional (Pencegahan, Penanganan dan Pelayanan Dasar Gakum) dalam Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Belitung.

Sekretaris PMI Kabupaten Belitung Bustam mengatakan, sebanyak 6 orang relawan melaksanakan tugasnya sebagai tim spriying melaksanakan penyemprotan di UPT Badan Keuangan Daerah Provinsi Bangka Belitung (Bakuda Babel) wilayah Kabupaten Belitung (Samsat Belitung) dan SMPN 1 Tanjungpandan.

“Hal ini dipermudah dengan adanya bantuan mobil unit dan sejumlah peralatan dari PMI Pusat sehingga pekerjaan semakin mudah dan jangkauan semakin luas,” kata Bustam kepada Belitong Ekspres, Selasa (28/04) kemarin.

Bustam menjelaskam, penyemprotan di dua tempat tersebut dilaksanakan Senin (27/04) malam hari. Alasannya dilakukan di malam hari mengingat para relawan menggunakan APD lengkap.

“Sehingga tidak terjadi dehidrasi dan relawan tetap fit dalam melaksanakan tugasnya. Ditambah juga Samsat merupakan tempat layanan publik jadi perlu untuk dilakukan penyemprotan secara intens,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Bakuda Babel wilayah Kabupaten Belitung Erwinsyah mengapresiasi atas langkah PMI Kabupaten Belitung yang melakukan penyemprotan di lingkungan Samsat terutama ruang pelayanan.

“Terimah kasih lah pada mereka (PMI) selaku tim gugus tugas Covid-19, yang telah membantu menyemprotkan disenfektan, terutama di ruang pelayanan biasanya banyak masyarakat ketika siang hari,” kata Erwinsyah.

Menurut Erwinsyah, penyemprotan tersebut dilakukan secara gratis oleh petugas PMI Kabupaten Belitung yang berjumlah sekitar 6 orang dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

Saat ini Samsat masih membuka layanan seperti biasanya, yakni Senin hingga Kamis buka dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 12:00 WIB dan hari Jumat pukul 08:00 WIB hingga jam 10:30 WIB. Sedangkan Sabtu pukul 08:00 WIB hingga pukul 11:00 WIB.

“Kita tetap lakukan pelayanan, dengan SOP yang ada, seperti penyediaan Hand Sanitizer, jaga jarak ketika duduk dan ketika melalakukan pelayanan,” terangnya.

Erwinsyah menambahkan, sSamsat Belitung selama bulan Suci Ramadan akan melayani hingga Rabu (20/05) dan akan kembali masuk setelah Hari Raya Idul Fitri yakni Selasa (26/05). Jadi jika masyarakat yang ingin membayar pajak, mohon ingat tanggal itu, karena kita akan tutup sementara selama Hari Raya Idul Fitri 2020 nantinya,” tandasnya. (dod)

Editor: Yudiansyah