Dishub Ingin Pengerukan Alur Cepat Selesai

by -

*Ditarget Terlesaikan Bulan Oktober Mendatang

MANGGAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), selaku leading sektor pengerukan alur Kolong Bandung, berharap pengerukan dapat terselesaikan pada bulan Oktober 2015. Hanya saja, hingga saat ini perusahaan yang dipercaya untuk pekerjaan tersebut masih terkendala cuaca ekstrim.

“Cuaca saat ini masih ekstrim, gelombang tinggi. Perusahaan yang ditunjuk PT. SSBI belum dapat bekerja karena cuaca ekstrim,” ungkap Kepala Dishub Kabupaten Beltim, Kesumajaya kepada Belitong, Jum’at (14/8) kemarin.

Dikatakan Kesumajaya, target penyelesaian pengerukan pada bulan Oktober mengingat Kabupaten Beltim sebagai tempat persinggahan pelayar yacht.

“Diharapkan Oktober selesai, karena kita akan menyambut sail. Tapi karena faktor teknis (pengerukan), kita tidak begitu mengerti, semua tergantung mereka,” jelas Kesumajaya.

Ia juga mengatakan, cuaca ekstrim tentu mengganggu keselamatan jalur pelayaran. Sehingga, tanpa izin dari pihak Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP), pengerukan tidak dapat dilakukan.

“Kalau keselamatan pelayaran menjadi tanggungjawab KUPP, kita tidak punya kewenangan disitu. Secara administrasi yang menjadi tanggungjawab kita, seluruh dokumen sudah beres,” papar Kesumajaya.

Kesumajaya menjelaskan, sesuai rencana yang dibuat, pengerukan akan dibagi menjadi dua arah. Yaitu kedalam dan keluar muara dengan total mencapai 2,2 kilometer.

“1,2 kilometer dari garis pantai kedalam dan dari garis pantai ke laut sejauh satu kilometer, jadi total 2,2 kilometer. Untuk kedalamannya, 4 meter dalam kondisi laut surut,” urainya.

Ia menambahkan, di luar perusahaan yang melakukan pengerukan, koordinasi antar SKPD terkait tetap berjalan dengan baik. Seluruh SKPD tergabung dalam tim pemantau yang dituangkan dalam surat keputusan Bupati.

“Kita punya tim pemantau dan bekerja sesuai tanggungjawab masing-masing. Didalamnya ada Dishub, PU, BLHD, Kehutanan, Pertambangan, Satpol PP dan lainnya. Kita berharap bisa cepat selesai karena ini cikal bakal untuk Beltim maju kedepan,” tutupnya. (feb)