Dishub Pasang 10 Cermin Tikung

by -

PANGKALPINANG – Demi menjaga keselamatan pengendara saat berkendara melintasi tikungan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pangkalpinang terus melakukan berbagai upaya. Salah satunya yang baru-baru ini dilakukan dengan memasang 10 cermin tikung di 10 titik yang dianggap rawan di kawasan Pangkalpinang.
“Kami telah memasang cermin tikung di 10 titik tikungan tajam. Ini berguna untuk keselamatan pengendara, dimana dengan melihat ke arah cermin itu, kita sudah bisa lihat pengguna jalan lainnya sebelum kita menikung,” jelas kepala Dishub kota Pangkalpinang, Anggo Rudi, Sabtu (14/3).
Cermin berwarna orange dan berbentuk cembung ini menurut Anggo sangatlah penting, lantaran jarak pandang pengendara yang terbatas. Diharapkan pandangan bisa lebih jelas dan lebih memudahkan pengendara baik roda empat maupun dua saat melaklukan tikungan tajam dengan adanya bantuan cemin cembung ini.
Anggo menjelaskan, 10 titik tersebut terpasang masing-masing di dekat Sekolah Swadaya, Makodim 0413/Bangka, di wilayah Gabek terpasang dua cermin, Girimaya di Gang Merpati, Kampak, di dekat arah Stadion Depati Amir, TK Kutilang Bukit Baru, dan di daerah jalan Paulus.
Anggo menambahkan, pihaknya menghabiskan dana Rp 60 juta untuk memasang 10 titik cermin tersebut. “10 cermin tikung di 10 titik tersebut dianggarkan Rp 60 juta dari anggaran APBD 2015 kota Pangkalpinang,” katanya.
Ia menegaskan untuk tahun depan, pihaknya berupaya berbuat lebih untuk menjaga keselamatan warga Pangkalpinang, yakni dengan mengusulkan ke Kementrian Perhubungan (Kemenhub) untuk Zona Aman Sekolah.
“Zona Aman Sekolah juga nantinya akan kita usulkan untuk tahun depan. Rencanakan akan dibuat didepan sekolah yang ada dipinggir jalan. Jadi dengan adanya Zona Aman Sekolah ini, pengendara yang melintas persis didepan sekolah tersebut harus memperlambat laju kendaraannya, dia dilarang untuk ngebut di zona tersebut,” tutupnya. (cr61)