Dispar Belitung Sosialisasi SOP New Normal Pariwisata

by -
Dispar Belitung Sosialisasi SOP New Normal Pariwisata
Foto Istimewa.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Belitung berikan sosialisasi tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) era new normal pariwisata kepada sejumlah pelaku industri pariwisata di Negeri Laskar Pelangi.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan dan Industri Pariwisata Dispar Belitung Adi Pebfriatna menjelaskan, dalam rangka menyambut era New Normal, pihaknya memberikan sosialisasi dan melakukan pengecekan terhadap kesiapan para pelaku Industri Pariwisata.

“Kita juga sampaikan kepada mereka, tentang Perbup No 24 Tahun 2020 tentang pedoman tatanan normal baru yang produktif dan aman di Kabupaten Belitung,” kata Adi kepada Belitong Ekspres, Kamis (25/6) kemarin.

Dikatakannya, adapun ceklist atau standar SOP kesehatan yang harus disiapkan seperti, tempat cuci tangan, hand sanitizer, masker, thermo scanner, petunjuk antrian, menjaga jarak serta mengatur jarak meja di tempat restauran.

“Kita juga, mendorong untuk pembayaran dilakukan secara nun tunai. Hal ini untuk mengurangi resiko penularan melalui sentuhan,” ujarnya.

Ditambahkannya, berdasarkan laporan dan pantauan di lapangkan, masyarakat tetap ramai mengunjungi sejumlah tempat-tempat destinasi wisata terutama pada hari Sabtu dan Minggu.

“Untuk hotel masih sepi dan belum dapat dijalankan. Sebab, kalau mereka tergantung dari managementnya masing-masing kapan mulai bukanya. Untuk kunjungan wisatawan mancanegara kalau sekarang belum ada,” pungkasnya. (rez)

Editor: Yudiansyah