Disperidagkop Ajukan Revisi 3 Perda

by -

PANGKALPINANG – Pemerintah Kota Pangkalpinang, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) akan berencana mengajukan perubahan terhadap beberapa Peraturan Daerah (Perda) yang berhubungan dengan kinerja Disperindagkop.
Menurutnya, Disperindagkop bakal melayangkan pengajuan revisi terhadap 3 Perda kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pangkalpinang.
” Kita akan ajukan 3 Perda untuk direvisi. Revisi itu kita nilai sangat harus dilakukan untuk kinerja dan aturan yang berkaitan dengan Disperindagkop,” kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop UMKM, Eka Subehi, kepada RB (25/2) kemarin.
Menurut Eka, 3 Perda yang akan direvisi yakni perda Pasar, perda gudang dan perda minuman berakohol. Jelasnya, tiga perda tersebut direvisi dengan alasan adanya perubahan aturan di beberapa Kementerian yang menaungi Disperindagkop UMKM.
“Perubahan peraturan di Pusat yang mengharuskan Perda tersebut direvisi dan sekarang kita masih menggu keputusan mutlak tentang 3 perda itu,” imbuhnya.
Eka menjabarkan, perubahan aturan di beberapa Kementerian itu tentu akan menyebabkan aturan yang ada dibawah harus juga seirama dengan aturan yang lebih tinggi. Atas perubahan itu, lanjut Eka, pihaknya akan mengundang sejumlah pihak terkait agar mendapatkan informasi yang valid dan detail.
“Akan kita undang pihak-pihak yang terlibat seperti Perda Pasar kita akan undang para pedagang dan pengusaha. Begitu juga dengan perda gudang dan perda minuman berakohol,” ungkapnya.
Namun Eka mengaku, saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari legislatif soal agenda pembahasan perda. Menurutnya, bisa jadi revisi perda ini akan dilakukan pada tahun 2016 mendatang, lantaran proses pembahasan Perda lainnya sedang dilakukan oleh DPRD.
“Berdasarkan agenda DPRD, kemungkinan akan dilakukan pada tahun depan, karena banyak pembahasan perda lainnya yang sudah dibahas. Kita akan persiapkan dan ajukan tahun ini, tetapi realisasinya mungkin tahun depan,” tukasnya.(cr61)