Dispora Beltim Gelar Diskusi, Gali Keinginan Pemuda

by -
Dispora Beltim Gelar Diskusi, Gali Keinginan Pemuda
Suasana Diskusi kepemudaan Dispora Beltim.

Suasana Diskusi kepemudaan Dispora Beltim

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Beltim menggelar diskusi kepemudaan bagi OKP dan siswa SMA/SMK, Rabu (6/16) kemarin. Diskusi tersebut dimaksudkan untuk menggali keinginan pemuda di Kabupaten Beltim dalam menghadapi tantangan kemajuan kedepan.

“Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan kegiatan dibidang kepemudaan yakni pemberdayaan pemuda. Jadi kita buatkan dalam bentuk diskusi,” ujar Sekretaris Dispora Beltim, Ilfan usai membuka kegiatan diskusi di Fega Resto dan Cafe.

Ia juga menjelaskan, pemuda Beltim harus mampu berkreasi dalam banyak hal. Maka Dispora sebagai leading sector kepemudaan berkeinginan mengarahkan pemuda sesuai minat dan bakat masing-masing.

“Diskusi bertujuan untuk mencari sejauh mana Pemuda Beltim ini bisa berkreasi. Kalau ingin maju dimana dan bagaimana, sesuai passion. Misalnya seseorang lebih ke budaya, kita ada JPD (Jambore Pemuda). Ada yang punya skill bahasa Inggris bagus, kita wadahi PPAN (pertukaran pemuda antae negara),” jelasnya.

Ilfan mengakui, selama ini, usulan pemuda dalam musrenbang tingkat Desa, Kecamatan hingga Kabupaten hanya menampilkan minat olahraga. Padahal, potensi pemuda tidak terbatas pada keolahragaan melainkan banyak pilihan.

“Saat ini, keinginan pemuda kalau diambil dari Musrenbang Desa dan Kecamatan, munculnya cuma olahraga. Minta sarpras, perlengkapan olahraga atau minat dibangunkan stadion mini. Tapi pemudanya tidak muncul,” ungkap Ilfan.

Karenanya melalui diskusi kepemudaan, akan ada ruang lebih luas bagi pemuda untuk melihat peluang. Nantinya, Dispora akan menginventarisir peluang tersebut dan mengarahkan dalam bentuk kegiatan kepemudaan.

“Kami melihat keinginan mereka, nanti kira breakdown dalam bentuk kegiatan kepemudaan. Mau wirausaha, link kegiatan kementerian, dan lainnya,” tutupnya.

Diskusi kepemudaan yang digelar Dispora Beltim menghadirkan pembicara dari kalangan pemuda berprestasi yakni Oscar Habib selaku koordinator pendamping Desa dan Rizky Amalia, PNS di Dinas Perpustakaan DKI Jakarta dan alumni pertukaran pelajar antar negara. (msi)