Distan Beltim Lakukan Upaya LTT Sawah Petani

Penanaman padi dalam kegiatan LTT di Dusun Jangkang, Desa Jangkang Kecamatan Dendang.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Dinas Pertanian Kabupaten Beltim melakukan upaya Luas Tambah Tanam (LTT) di beberapa lahan potensial pengembangan sawah petani. Hal ini sebagai bentuk antisipasi kekeringan yang mulai melanda beberapa daerah di Indonesia.

RajaBackLink.com

Salah satu lahan potensial yang dikembangkan Dinas Pertanian berada di dusun Jangkang Desa Jangkang Kecamatan Dendang. Melibatkan kelompok tani setempat, mereka mulai menanam padi jenis Impari 32 di lahan seluas 10 hektar.

“Jadi kemarin (Kamis, red) kami dalam rangka program luas tambah tanam di Beltim guna mengatasi gejolak kekeringan di seluruh Indonesia dari Jabar, Jatim dan Jateng serta lahan-lahan lain di Indonesia yang mengalami kekeringan, kami memulai program LTT,” ungkap Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Beltim, Trijaka kepada Belitong Ekspres, Jum’at (19/7) pagi.

Baca Juga:  Mutakhirkan Data Pemilih, KPUD Beltim Ambil A.DPK Dalam Kotak Suara

Menurut pria yang akrab disapa Jaka, program LTT di Kabupaten Beltim cukup tepat mengingat potensi lahan pertanian belum dikelola maksimal. Jaka mengatakan LTT merupakan salah satu upaya penyediaan stok pangan di daerah.

“Sedangkan potensi yang ada di Kabupaten harus melaksanakan program Luas Tambah Tanam masih cukup banyak. LTT ini sebagai stok penyediaan pangan terutama beras di daerah,” kata Jaka.

Pemerintah seperti yang diungkap Jaka, menginginkan LTT dapat mendorong produksi beras daerah. Apalagi Kabupaten Beltim secara geografis merupakan wilayah kepulauan yang bergantung pada pasokan dari daerah lain.

“Program ini (LTT) akan memacu petani dalam rangka memproduksi beras. Perlu diketahui komoditas bahan pokok terutama beras di Beltim untuk saat ini agak dikatakan rawan, bisa rawan. Kalau di daerah-daerah produksi seperti di Jawa dan Sumatera kurang, kita rawan tidak dikirimi beras dari wilayah terebut karena kekeringan,” jelasnya.

Baca Juga:  Pilkada Beltim, Bos Sisnet Radio Ngaku Dipinang Basuri

Sehingga kata Jaka, lahan-lahan pertanian di wilayah Kabupaten Beltim yang selama ini tidak produktif dilakukan penanaman padi. Bukan hanya itu, penanaman juga dilakukan secara serentak dalam satu kawasan.

“Lahan-lahan yang masih potensi untuk dilaksanakan penanaman, ya kita ajak petani menanam padi secara serentak di satu kawasan,” terang Jaka.

Jaka menambahkan, tujuan penanaman serentak diantaranya adalah mengatasi hama penyakit dan serangannya, menggiatkan pola gotong royong petani dengan sistem kelompok tani.

“Dalam kegiatan kemarin, Kita memang melibatkan satu kelompok dulu, yang diharapkan menjadi contoh dan kedepan bisa lebih masif,” tutup Jaka. (msi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply