banner 728x90

Distan Dorong Petani Garap Lahan Hadapi Musim Okmar

Life at ease with amazing nature| Leebong island
Distan Dorong Petani Garap Lahan Hadapi Musim Okmar

Haryanto (Foto: Muchlis/belitongekspres.co.id)

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Beltim mendorong petani sawah untuk mulai menggarap lahan persawahan musim tanam Oktober-Maret (Okmar). Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Tanaman Pangan Kabupaten Beltim, Haryanto saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/10) kemarin.

“Kami sudah melakukan sosialisasi kepada kelompok-kelompok tani yang tersebar di tiap-tiap Kecamatan agar mereka mulai persiapan lahan sawah,” ujar Haryanto kepada belitongekspres.co.id.

Dikatakan Haryanto, masuknya musim hujan di periode musim tanam Okmar tidak lagi menjadi kendala karena jaringan irigasi di areal persawahan bisa difungsikan.

“Kelebihan air dapat diatasi dengan jaringan irigasi yang sudah baik. Seperti di kawasan Danau Nujau maupun di Kecamatan lainnya, kecuali Kecamatan Dendang yang belum maksimal,” jelas Haryanto.

Ia memastikan ketersediaan benih padi dan pupuk juga telah terpenuhi saat memasuki musim tanam Okmar. Bahkan, proteksi berupa asuransi pertanian yang melindungi sawah petani sudah didata sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu gagal panen. “Bagi kelompok tani yang sudah selesai mengolah lahan dan siap tanam, benih padi akan segera kita sebar,” ujar Haryanto.

Haryanto menambahkan, areal sawah yang siap tanam musim Okmar sudah mencapai 275 hektar. Sejumlah itu pula, pengajuan premi perlindungan sawah sudah didaftarkan petani melalui kelompok tani.

“Kita juga sudah melakukan sosialisasi pentingnya asuransi pertanian. Mungkin kedepannya, mereka lebih paham meskipun yang diklaim itu bukan untuk mengganti seluruh kerugian tapi bagaimana mereka punya kesanggupan lagi untuk berusaha kembali,” terangnya.

(Muchlis Ilham | belitongekspres.co.id)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply