Ditolak Warga Desa APJ, Rumah Isolasi Mandiri Covid Pindah Lokasi

by -
Ditolak Warga Desa APJ, Rumah Isolasi Mandiri Covid Pindah Lokasi
Suasana musyawarah di Gedung Serba Guna Desa APJ Jumat malam (28/5).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Rumah Isolasi Mandiri Covid-19 Desa Air Pelampang Jaya (APJ) di Jalan Garuda RT 07 RW 02 Dusun Timur Jaya, akhirnya dipindah ke lokasi yang baru setelah mendapat penolakan warga.

Keputusan tersebut berdasarkan hasil musyawarah bersama antar Pemerintah Desa (Pemdes) dengan warga setempat yang berlangsung di Gedung Serba Guna Desa APJ pada Jumat malam (28/5) akhir pekan lalu.

“Berdasarkan hasil musyawarah yang kita laksanakan, kita putuskan Rumah Iolasi Mandiri Covid-19 dipindahkan ke kantor PKK dan PAUD Desa,” kata Kades APJ Rezali kepada Belitong Ekspres, Minggu kemarin.

Sedangkan untuk kantor PPK dan PAUD jelas Rezali, akan dipindahkan atau bertukar tempat di Rumah Iolasi Mandiri Covid-19 Jalan Garuda RT 07 RW 02 Dusun Timur Jaya. “Jadi kantor PPK memang berada di lokasi yang jauh dari pemukiman warga sesuai dengan permintaan dari warga sehingga dirasa lebih aman,” sebutnya.

Sementara itu Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Aik Pelempang Jaya Rozali menyambut baik hasil keputusannya musyawarah itu. Menurutnya, penyebaran Covid-19 jangan dianggap sepele, karena sudah banyak orang yang meninggal akibat virus berbahaya tersebut.

“Ke depan jika ada sesuatu yang ingin dibicarakan silahkan sampaikan ke BPD karena itulah fungsi BPD. Kemudian dari BPD baru disampaikan ke kades, jangan langsung ke media sehingga tidak menjadi polemik,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, penempatan Rumah Isolasi Mandiri Covid-19 Desa Aik Pelempang Jaya (APJ) di Jalan Garuda RT 07 RW 03 Dusun Air Pelempang Timur menuai penolakan dari warga sekitar.

Dari informasi yang dihimpun Belitong Ekspres sedikitnya ada 35 orang warga yang membubuhkan tanda tangan Petisi penolakan untuk penempatan Rumah Isolasi Mandiri Covid-19 di desa tersebut.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa Pelempang Jaya Rozali membenarkan kabar warga yang menolak dan tidak setuju jika rumah tersebut dijadikan sebagai tempat Rumah Isolasi Mandiri Covid-19.

Berkaitan dengan penetapan Rumah Isolasi Mandiri Covid-19, sampai saat ini BPD belum pernah dikoordinasikan. Dari keterangan warga sekitar, mereka juga belum pernah disosialisasikan terkait hal tersebut. Sebab, tiba-tiba ditunjuklah rumah tersebut sebagai tempat Isolasi Mandiri.

“Nah, itulah yang membuat salah satu alasan masyarakat menolak. Secara pribadi saya juga menilai kalau kawasan tersebut tidak layak karena padat pemukiman dan banyak terdapat anak kecil dan lansia. Dampaknya sudah pasti,” katanya kepada Belitong Ekspres. (rez)