DJP Ingatkan Wajib Pajak Ikut Tax Amnesty

by -

PANGKALPINANG – Kanwil DJP Sumsel dan Babel kembali mengingatkan wajib pajak untuk segera mengikuti amnesti pajak. Kepala Kanwil DJP Sumsel dan Babel, M. Ismiransyah M. Zain menjelaskan, pada dasarnya keikutsertaan program amnesti pajak ini merupakan hak bagi wajib pajak.

Namun perlu diingat juga bahwa Direktorat Jenderal Pajak sesuai dengan pasal 18 Undang-Undang Pengampunan Pajak mempunyai wewenang untuk melakukan tindakan tegas bagi wajib pajak yang diketahui ternyata memiliki harta dan aset yang belum dilaporkan sampai dengan periode amnesti pajak selesai. Dengan demikian, petugas pajak diberi kewenangan untuk melakukan tindakan tegas yang diperlukan bila diketahui ternyata memiliki aset atau harta yang belum dilaporkan.

Sosialisasi di Syahbandar Tanjung Pandan, salah satu upaya untuk menginformasikan pentingnya amnesti pajak adalah dengan terus menerus melakukan sosialisasi ke berbagai pihak, salah satunya yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjung Pandan, mensosialisasikan Amnesti Pajak kepada para pegawai Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara pada Kamis, (1/12).     Acara yang dihadiri oleh Plh. Kepala Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara Tanjung Pandan, Darya menghimbau agar seluruh elemen pelaku usaha di bidang perikanan untuk berbondong-bondong mengikuti program amnesti pajak ini, beliau mengingatkan bahwa segala macam fasilitas publik, kemudahan, dan kenyamanan masyarakat pelaku bisnis perikanan selama ini didukung oleh sarana dan prasarana yang disediakan oleh pemerintah melalui dana pajak yang dikumpulkan.

Kurang lebih sejumlah 30 peserta sosialisasi hari ini terlihat sangat antusias, terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang tidak habis-habis dilontarkan, berkaitan dengan teknis pelaporan harta, sampai kasus per kasus yang dihadapi masing-masing Wajib Pajak perihal pelaporan harta di Program Amnesti Pajak ini.

“Tim penyuluh dari KPP Pratama Tanjung yang diterjunkan yaitu Nuk Windrawati dan Hanggarani Satyamurni selaku ketua tim dan koordinator, Husni Wahyudi, Arif Gunawan, dan Ade Rinata selaku anggota tim penyuluh,” terangnya.

Sebagai penutup acara, Darya kembali menegaskan pentingnya masyarakat turut berpartisipasi dalam program Amnesti Pajak ini. “Tidak perlu takut atau ragu terkait berita-berita simpang siur yang banyak beredar di masyarakat, karena pada dasarnya kita sebagai warga negara yang baik dan menjadi tempat kita memperoleh penghasilan dan hidup nyaman sudah sepatutnya melaksanakan kewajiban perpajakan dengan benar. Amnesti pajak ini harus kita jadikan momentum perbaikan kembali hubungan kita selaku pembayar pajak dengan negara ini,” bebernya.

Karena pada akhirnya, menurutnya masyarakat sendiri yang menikmati manfaat pajak kedepannya. Kejaksaan Negeri Tanjung Pandan sebelumnya, KPP Pratama Tanjung Pandan melakukan sosialisasi kepada para pegawai Kantor Kejaksaan Negeri Tanjung Pandan.  Acara yang dibuka oleh Kepala Kantor Kejaksaan Negeri Tanjung Pandan, Nova Elida Saragih, memaparkan bagusnya program Amnesti Pajak yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Awalnya saya juga merasa bahwa kebijakan ini tidak benar karena saya merasa sebelumnya sudah bayar pajak, kenapa harus dipajaki lagi oleh pemerintah, namun setelah mengikuti beberapa kali sosialisasi tentang amnesti pajak, saya jadi paham bahwa kebijakan Amnesti Pajak ini sebetulnya kebijakan yang bagus dan justru memudahkan bagi kita Wajib Pajak”, ujar Nova.

Nova juga menegaskan bahwa aparatur pemerintahan juga dapat memanfaatkan program Amnesti Pajak dan menghimbau seluruh jajarannya untuk mengikuti Amnesti Pajak. “Kita pasti punya kealpaan dalam Surat Pemberitahuan (SPT) yang dilaporkan atau ada usaha yang belum kita laporkan di SPT, ini saat yang baik untuk membersihkan seluruh kealpaan kita”, ujarnya.

KPP Pratama Tanjung Pandan menerjunkan Sudiyanto selaku Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan, Yogie Mirga S selaku Account Representative dan M. Iqbal Fadillah pelaksana ekstensifikasi dan penyuluhan sebagai tim penyuluh dalam acara tersebut.(rel)