DKP Larang Tangkap Kepiting Bertelur

by -

TANJUNGPANDAN-Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Belitung akan segera melakukan sosialisasi pada masyarakat pengenai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan R I mengenai Pelarangan Penangkapan Lobster dan Kepiting Bertelur.

Kepala DKP Kabupaten Belitung Destika kepada Belitung Ekspres Senin {23/11}, kemarin di ruang kerjanya menjelaskan, dalam waktu dekat DKP akan menyampaikan aturan baru tersebut, khususnya pada nelayan tangkap.

“Banyaknya nelayan tangkap dan luasnya perairan tentu proses penangkapan lobster dan kepiting oleh nelayan akan sulit dikendalikan. Kami akan terus bekerja keras untuk mengatasi hal ini,” ujarnya.

Selain itu pihaknya akan terus berkoordinasi mengenai peraturan yang melarang menangkap lobster dan kepiting bertelur,. Dinas Kelautan Provinsi dan Kementerian Kelautan Perikakan Pusat hingga kini terus mencari jalan keluar yang baik. Sebab, fakta di lapangan penangkapan nelayan tidak menentu sehingga tak ada kesan pemerintah melarang nelayan untuk melaut.

Destika menghimbau kepada nelayan tangkap maupun nelayang yang tidak sengaja mendapatkan lobster dan kepiting yang bertelur untuk meliris atau pun melepaskan kembali ke habitatnya. Begitu juga pada hewan bertulang belakang ini yang masih kecil agar dilepaskan, biar populasi terus terjaga. “Agar cucu kita dapat menikmati di kemudian hari,’’ pesannya.(mg1)