DKP Siap Tenggelamkan Bangkai Kapal

by -

* Diharapkan Jadi Rumpon Ikan

TANJUNGPANDAN-Kepala Dinas Perikanan (DKP) Belitung Destika Efendi mengatakan, pihaknya melakukan kordinasi dengan pihak Pol Air Belitung terkait masalah bangkai kapal mangkrak di Pelabuhan Kelautan Perikanan.

“Kita sudah mempunyai anggaran di tahun 2016 ini, namun, anggaran tersebut sedang dalam proses penyusunan,” jelas Destika kepada Belitong Ekspres, Senin (23/5), kemarin.

Destika menjelaskan, pihaknya akan melakukan pencarian kepada pihak ketiga dalam hal ini pemenang lelang kapal yang mangkrak tersebut.  “Kita akan lakukan diskusi pada pemilik kapal juga melakukan konsultasi kepada pemerintah daerah,” ujar Destika.
Menurut Destika, bangkai kapal yang mangkrak tersebut mengganggu alur laut di pelabuhan DKP. Selain itu, juga mengganggu keindahan dan kerapian dermaga. “Dulu buk Susi (Menteri Perikanan Kelutan-red) juga pernah mengatakan bangkai kapal tersebut mengganggu pelayaran kapal nelayan,” katanya.

Kata Destika, dengan melihat kondisi bangkai kapal tersebut yang sudah rapuh, tentu selain ditarik menggunakan kapal, juga dapat dipotong-potong kemudian di bawa ke tengah untuk di jadikan rumpun (rumah ikan-red).

Destika mengingatkan kepada pemilik kapal untuk mengambil dan memindahkan kapal. Sebab, kalau tidak segera ada upaya serius dari pemilik, Pemerintah Daerah akan mengambil tindakan secara tegas. “Kita akan berikan tenggang waktu pada pemilik kapal. Jika tidak ada respon akan kita ambil tindakan,” tegasnya.

Kembali Destika menegaskan, jangan salahkan pemerintah jika pemerintah menenggelamkan bangkai kapal tersebut, jika tidak ada respon ataupun tanggung jawab dari pemilik kapal lantas pada waktu yang sudah diberikan.(mg1)