DKPP Sewa Alat Berat Bersihkan Sampah

by -

*30 Truk Sampah Berhasil Diangkut

foto A- dkpp bersihkan sampah

Foto A: de/be
Alat berat yang disewa DKPP untuk membersihkan sampah.

TANJUNGPANDAN – Tumpukan tanah bercampur sampah di perkuburan jagong Jalan Wahab Aziz dibersihkan Dinas Kebersihan Pasar dan Pertamanan Kabupaten Belitung dengan menyewa alat berat mini, Selasa (14/4) kemarin.
Sampah bercampur tanah itu dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) dan UPTD Tanjungpendam. Tak kurang dari 30 truk terkumpul. Gundukan sampah dan pasir tersebut mulanya berasal dari sampah yang disodok oleh masyarakat melalui swadaya. Namun saat itu tidak sampai dibuang, hanya disodok.
“Dulu ini sampahnya rata, cuma bekas sodokannya tidak dibuang,” kata Kepala DKPP Kabupaten Belitung Azhar disela-sela memantau.

Sebelumnya DKPP dua minggu berturut-turut mengerahkan personilnya, tapi hanya mampu mengangkut sekitar enam truk. “Kalau sampah bisa satu jam kami porsir, tapi ini sampah bercampur tanah,” ujarnya.
Yang menarik, DKPP menyewa alat berat mini melalui swadaya pegawai. Personil patungan untuk menyewa, mereka lebih memilih menyewa alat dari pada kerja manual. “Kami patungan seluruh pegawai kebersihan dari lapangan hingga PNS. Dan ini tidak ada tuntutan, terserah mau nyumbang berapa ” kata dia didampingi sejumlah pegawai kebersihan.
Azhar berharap usai dibersihkan tidak ada lagi warga membuang sampah di sana. Pasalnya lokasi itu tempat perkuburan.(ade)