DLH Belitung Ajak Panitia Kurban Tak Pakai Kantong Plastik

by -
DLH Belitung Ajak Panitia Kurban Tak Pakai Kantong Plastik
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung meminta agar pembagian daging hewan kurban saat Idul Adha 2020 tidak menggunakan kantong plastik.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung meminta agar pembagian daging hewan kurban saat Idul Adha 2020 tidak menggunakan kantong plastik. Hal tersebut berdasarkan surat edaran Menteri Lingkungan Hidup nomor 8/PSLB3/P5/PLB.0/7/2020 tentang pelaksanaan Idul Adha tanpa sampah.

Kemudian juga ditindaklanjuti dengan surat edaran Bupati Belitung nomor 658.1/741.DLH/II/1.2020 tentang pelaksanaan Idul Adha 1441 Hijriah tanpa sampah di Kabupaten Belitung.

“Kita menghimbau masyarakat Belitung khususnya panitia kurban untuk mengikuti protap dari surat edaran Kementrian LHK dan surat edaran Bupati tentang pelaksanaan perayaan Idul Adha tanpa sampah,” kata Kepala DLH Kabupaten Belitung Edi Usdianto kepada Belitong Ekspres, Selasa (28/7).

Dikatakan Edu sapaan karibnya, hal ini dilakukan untuk mengurangi sampah plastik di Kabupaten Belitung. Oleh sebab itu, pihaknya mengajak seluruh panitia kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik. “Berkaitan dengan hal tersebut kami mengajak untuk tidak menggunakan kantong plastik dalam kemasan daging hewan qurban,” katanya.

Kemudian dirinya menyarankan agar masyarakat atau panitia kurban menggunakan daun-daunan sebagai alas atau media untuk membagikan daging kurban nanti. “Pergunakan daun simpor atau daun pisang dan menggunakan tali purun sebagai pengikat kemasannya,” tukasnya.

Sementara itu Bupati Belitung H Sahani Saleh berharap setelah aktivitas kurban jangan sampai ada terbit plastik. “Pakai daun simpor, daun pisang dan lain-lainnya,” kata Bupati Belitung yang akrab disapa Sanem kepada Belitong Ekspres.

Alangkah lebih baiknya kata dia, bagi penerima hewan kurban sebaiknya menyiapkan baskom atau wadah sendiri dari rumah, dan bahkan sudah diberi nama sendiri. “Kan dari sekarang masjid-masjid sudah mendata. Nanti pada saat hari itu atau sebelumnya panitia sudah mengumpulkan baskom mereka ( penerima kurban), jadi plastik tidak keluar,” tandas Sanem. (dod)