DLH Bina Sekolah Adiwiyata SMP Negeri 7 Tanjungpandan

by -
DLH Bina Sekolah Adiwiyata SMP Negeri 7 Tanjungpandan
Suasana kegiatan pembinaan Sekolah Adiwiyata SMPN 7 Tanjungpandan di Jalan Hasim Idris, Kecamatan Tanjungpandan, Kamis (23/7).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung memberikan pembinaan kepala Sekolah Adiwiyata SMPN 7 Tanjungpandan di Jalan Hasim Idris, Kecamatan Tanjungpandan, Kamis (23/7).

Kepala DLH Kabupaten Belitung Edi Usdianto mengatakan kegiatan Adiwiyata ini dihadiri oleh pemateri dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung dan Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung.

“Ada 3 sekolah, yakni 3 SMP Negeri 7 Tanjungpandan, SMP Negeri 5 Tanjungpandan dan SMP Negeri 2 Membalong,” kata Edi Usdianto kepada Belitong Ekspres.

Dia menekankan bahwa dalam melaksanakan kegiatan senantiasa ikhlas. Apalagi Program Adiwiyata merupakan Kegiatan yang berjenjang dan berkesinambungan.

“Program Adiwiyata adalah Program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka melaksanakan dan mengembangkan Pendidikan Lingkungan Hidup yang diikuti oleh Sekolah setingkat SD, SMP, dan SMA/SMK serta Madrasah dan Pondok Pesantren,” jelasnya pria yang karib disapa Edu itu.

Dikatakan Edu, dengan tujuan untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berwawasan lingkungan, Program Adiwiyata Sekolah diharapkan dapat mengembangkan potensinya untuk turut serta dalam Pelestarian Lingkungan Hidup Indonesia.

Salah satu upaya untuk mendukung sekolah Adiwiyata adalah perlunya pembinaan kepada sekolah-sekolah yang akan mengikuti penilaian Sekolah Adiwiyata yang peduli dan berbudaya lingkungan.

“Pembinaan dilakukan pada aspek administrasi dan aspek teknis pembinaan dilakukan meliputi 4 Komponen, Yakni Kebijakan berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan,” terangnya.

Adapun beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut yakni penjelasan sistem penilaian sekolah Adiwiyata, motivasi meraih predikat Sekolah Adiwiyata serta kiat-kiat sukses meraih sekolah Adiwiyata.

“Kita berharap, bisa menjadikan 3 sekolah ini menjadi sekolah Adiwiyata,” harapnya.

Sementara itu Kepala SMPN 7 Tanjungpandan Subandi mengapresiasi kegiatan tersebut, karena memberikan solusi untuk mengembangkan sekolah lebih berwawasan lingkungan.

“Tanggapan saya kegiatan tersebut sangat positif. Melalui Dinas Lingkungan Hidup, sekolah bisa bermitra mengembangkan sekolah dalam bentuk pembinaan maupun pemenuhan sarana baik salam pembibitan maupun sarana kebersihan,” katanya.

Karena menurut Subandi, lingkungan sehat menciptakan suasana belajar yang sehat dan berdampak positif dalam meningkatkan minat siswa bersekolah khususnya sekolah yang dipimpinnya yakni SMPN 7 Tanjungpandan. (dod)