DLH & Satpol PP Mulai Patroli Perbub Sampah, Kegiatan Telah Berlangsung 2 Hari

by -
DLH & Satpol PP Mulai Patroli Perbub Sampah
DLH & Satpol PP Mulai Patroli Perbub Sampah
Satpol PP Kabupaten Belitung bersama Tim Satgas Lebah DLH mulai gencar melakukan patroli di beberapa lokasi wisata, Kamis (3/10).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung bersama Tim Satgas Lebah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung mulai gencar melakukan patroli, Kamis (3/10) kemarin. Dua Organisasi Perangkat Daerah ini bersinergi melakukan Patroli Gabungan dalam menjalankan Perda dan Perbub.

Kegiatan Patroli Gabungan ini diikuti Kepala Bidang Penertiban dan Pengawasan Satpol PP, Safarudin, bersama-sama dengan anggotanya. Sementara itu dari DLH Kabupaten Belitung, Supendi, selaku Kasi Pemeliharaan Lingkungan Hidup, Kasie Penanganan Sampah, Syahrir, dan Zulfi Marius selaku pengawas serta Anggota Tim Satgas Lebah.

Dalam Giat Patroli Gabungan yang tertulis dalam No: 331.1/973/POL.PP/2019 ini mengacu kepada Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati diantaranya. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja. Peraturan Daerah Kabupaten Belitung Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Ketertiban Umum.

Selain itu, Peraturan Bupati Belitung Nomor 58 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi. Tugas dan Fungsi Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Belitung, dan Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Penerapan Sanksi Pelanggaran Atas Larangan Membuang Sampah tidak Pada Tempat yang Telah Ditentukan atau Disediakan.

Kegiatan Patroli gabungan telah berlangsung selama Dua hari ini, dari tanggal 3 sampai dengan 4 Oktober 2019. Tim patroli gabungan dengan melaksanakan Pengawasan Monitoring Lapangan terkait titik pantau tempat pembuangan sampah maupun tempat pariwisata yang berada di Kecamatan Tanjungpandan dan sekitarnya.

Hari pertama kegiatan Patroli Gabungan ini, Satpol PP beserta Satgas Lebah melakukan Patroli di wilayah Pantai Wisata Tanjung Kelayang Sijuk. Tim memantau tempat pembuang sampah serta memberi Himbauan kepada pemilik usaha warung makan maupun pelaku wisata.

Kasi Pemeliharaan Lingkungan DLH Kabupaten Belitung, Supendi mengatakan, Tim Satgas Lebah dari DLH merasa berterima kasih atas sinergi bersama-sama dengan Satpol PP Belitung dalam melaksanakan Peraturan Pemerintah Daerah dan menjalankan kewajiban.

“Di hari Pertama ini kita melaksanakan patroli di daerah Wisata Pantai Tanjung Kelayang. Kepada pemilik Usaha Warung Makan kami memberikan himbauan berkaitan dengan sampah dan Perbub No 23 Tahun 2019 yang terbaru,” ujar Supendi yang didampingi Syahrir, Kasie Penanganan Sampah, saat diwawancarai belitongekspres.co.id.

Sementara itu Kepala DLH Kabupaten Belitung, Edi Usdianto, mengucapkan terima kasih kepada Satpol PP yang sudah bersinergi, dan Tim Satgas Lebah yang sudah melaksanakan Pengawasan Monitoring Lapangan Gabungan terkait Titik Pantau Tempat Pembuangan Sampah.

“Kegiatan ini merupakan patroli gabungan yang pertama kali antara Satpol PP dengan Satgas Lebah. Kami harap sinergi ini akan berlanjut terus, khususnya dalam upaya melaksanakan Perbub No 23 Tahun 2019,” Katanya.

(Doddy Pratama | belitongekspres.co.id)