Dorong Tingkatkan Produktivitas UKM di Yogyakarta

by -

XL Luncurkan Solusi XCloud Usahawan 1.0
foto A

Usahawan 3 .: Salah satu peserta UKM dari jogja ibu arum  pendiri LPK Ar-rum yang telah menggunakan aplikasi Usahawan untuk menunjang UKM miliknya.

Yogyakarta-Sebagai bagian dari komitmen mendukung program Kota Pintar (Xmart City) oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dan mendukung pengimplementasian Rencana Pita Lebar Indonesia (Indonesia Broadband Plan) , PT XL Axiata, Tbk (XL) meluncurkan solusi komputasi awan bernama Usahawan 1.0. Solusi ini khusus dirancang untuk bisa dimanfaatkan oleh kalangan usahawan, terutama dari kalangan Usaha Kecil & Menengah (UKM). Peluncuran program inovatif ini dihadiri oleh Plt. Direktur Layanan Digital XL, Yessy D Yosetya di Yogyakarta, Senin (23/3).

Yessy D Yosetya mengatakan, “Peluncuran solusi Usahawan 1.0 ini merupakan bagian dari komitmen XL untuk mendukung penuh program Kota Pintar Yogyakarta dan program pemerintah tentang Rencana Pita Lebar Indonesia. Solusi ini sangat cocok untuk Yogyakarta yang merupakan salah satu kota dengan industri kecil menengah yang sangat banyak. Dengan menerapkan solusi komputasi awan ini, kami berharap kinerja para pelaku UKM di Yogyakarta akan bisa meningkat yang pada akhirnya akan bisa ikut meningkatkan roda perekonomian daerah dan masyarakat setempat.”

Yessy memaparkan, tujuan utama dibuatnya solusi Usahawan 1.0 ini adalah untuk dapat terus mendukung program pemerintah dalam mengembangkan UKM. Saat ini diperkirakan hanya 30% dari 56,5 juga UKM yang tersebar di seluruh Indonesia yang memiliki pengetahuan tentang IT. Pemerintah sangat mengharapkan agar jumlah UKM yang memiliki pengetahuan tentang IT ini terus bertambah. Sehingga, UKM dapat lebih efektif memasarkan produk-produk mereka melalui sarana digital, selain juga dapat menyimpan data mereka secara aman.

Untuk di Yogya ini, XL meluncurkan Usahawan versi 1.0. Beberapa keunggulan solusi ini dibandingkan saat soft-launch Usahawan versi 0.8 di Medan lalu antara lain dapat terlihat dari banyaknya template yang disiapkan. Pada versi 1.0 ini, template khusus blogger juga telah tersedia. Selain itu juga terdapat paket POS yang sangat bermanfaat dalam mengelola keuangan UKM dengan harga per bulannya sebesar Rp 50 ribu rupiah. Solusi ini memang memiliki harga yang terjangkau dan fitur-fitur yang ada sangat mudah digunakan. Dalam waktu singkat, sebuah web dapat langsung dbuat dan diintegrasikan ke dalam sistem internet. Layanan ini juga terintegrasi dengan sistem reservasi web dunia. Dengan begitu pengguna dapat langsung mengetahui apakah nama web yang akan dipergunakan telah dipakai atau masih tersedia. Di samping itu, fasilitas web yang ada memiliki kemampuan untuk dapat langsung dikonversikan menjadi media e-commerce ataupun sebagai forum blog. Solusi Usahawan 1.0 ini juga menyediakan fasilitas email dan penyimpanan data. Ke depannya, XL akan terus melakukan inovasi untuk melengkapi fitur-fitur yang ada saat ini.

Sejumlah keuntungan langsung akan bisa diperoleh oleh para pelaku UKM dari penggunaan solusi XL XCloud Usahawan 1.0 ini. Pelaku UKM dapat melakukan publikasi bisnis, jasa, dan produk yang mereka miliki ke lebih banyak calon konsumen. Publikasi yang dilakukan pun jauh lebih mudah dan biaya yang dikeluarkan juga akan lebih murah. Hal ini sangat penting mengingat pada tahun 2015 ini, Indonesia akan menjadi bagian dari Pasar Ekonomi ASEAN. Dengan terbukanya pasar ini dan melalui media digital Usahawan 1.0, pelaku UKM dapat menjalin bisnis dengan mitra yang berasal dari luar Indonesia lebih mudah. Tidak diperlukannya investasi awal yang besar. Cukup dengan membayar biaya bulanan, maka berbagai fasilitias IT seperti website dan email dapat langsung dinikmati.(yud)