DPD PAN Dukung Andeska?

by -

//Keputusan Ini Bertolak Belakang dengan SK DPP PAN

MANGGAR–Keputusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Belitung  Timur (Beltim) sepertinya bertolak belakang dengan keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dalam mengusung  pasangan calon di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Desember 2015 mendatang. Sebab, DPP PAN jelas-jelas mendukung pasangan Yuslih dan Burhanuddin. Namun, DPD PAN Beltim bersikukuh mendukung pasangan Usmandie Andeska dan Musdiana.
Gejala dukungan DPD PAN itu terlihat dari sejumlah spanduk dan baliho yang terpasang di sejumlah titik di wilayah Beltim, termasuk di depan Kantor DPD PAN Beltim di Jalan Jenderal Sudirman, Manggar. Dalam spanduk dan baliho tersebut, terang-terangan DPD PAN Beltim mendukung Andeska-Musdiana.
Keputusan untuk mendukung bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati periode 2015-2020 itu juga disampaikan Ketua DPD PAN Beltim, Husni Husin dalam konferensi pers di Kantor DPD PAN, beberapa pekan lalu. Alasannya,  DPD PAN belum menerima surat keputusan dari DPP PAN sebagaimana dipersyaratkan KPU, hingga hari terakhir pendaftaran pasangan calon.
Dukungan tersebut kembali dipertegas Ketua DPD PAN Kabupaten Beltim Husni Husin, melalui Sekretaris DPD PAN, Rudi Juniwira kepada Belitong Ekspres, Jumat (13/8) petang kemarin.
“Terakhir kami mengusulkan nama Usmandie Andeska dan Musdiana tanggal 20 Juli 2015. Dan hingga hari ini, belum menerima persetujuan dari DPP atas usulan DPD untuk pencalonan Usmandie Andeska dan Musdiana,” ujarnya.
Rudi menjelaskan, atas dasar belum diterimanya surat keputusan DPP, DPD PAN Beltim tidak akan mengusung salah satu pasangan calon. Namun, mengingat usulan yang disampaikan kepada DPP maka DPD PAN Beltim hanya akan memberikan dukungan.
“Karena belum terima (SK-red), kami tidak ikut mendaftarkan pasangan. Kami tidak ikut mengusung tetapi hanya memberi dukungan kepada pasangan Usmandie Andeska dan Musdiana yang diusulkan PKS,” jelasnya.
Menurutnya, DPD PAN Beltim sejak awal telah mendukung pasangan Usmandie Andeska dan Musdiana. Hanya saja, tanpa surat dukungan untuk menjadi partai pengusung, DPD PAN Beltim tidak mendaftarkan calon. “Bahwa mengusung harus mendapat persetujuan DPP. Dengan terkendala syarat-syarat tersebut, kita tidak bisa mengusung dan hanya mendukung secara kepartaian,” tegas Rudi.
“Sampai detik ini, kami tidak pernah mengubah usulan tersebut (Usmandie Andeska-Musdiana, red). PAN tidak ikut mendaftar ke KPU,” tandasnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, koalisi partai pengusung Yuslih-Aan (Berlian) yang dikoordinir PBB sudah membawa SK DPP PAN soal dukungan kepada Berlian. Surat Keputusan DPP PAN dalam bentuk fotokopi pernah ditunjukkan pada para wartawan oleh Ketua PBB Beltim Koko Haryanto.(feb)