DPD RI Gelar Rakor Aspirasi Daerah

by -

PANGKALPINANG – Untuk memetakan dan menginventarisir kebutuhan daerah akan pembangunan dan sebagai jalan untuk menyelesaikan solusi penyusunan legisasi DPD RI dengan pemerintah pusat, Rabu (25/11) kemarin DPD RI menggelar rapat koordinasi (rakor) konsolidasi aspirasi daerah dengan para pemangku kepentingan didaerah.
“Anggota DPD RI memiliki kewajiban untuk membangun komunikasi dan kerjasama secara institusional, dan  memiliki kewajiban menyampaikn kinerja politik,” ungkap Anggota DPD RI, Bahar Buasan.
Ia menjelaskan, rakor ini dilaksanakan dalam dua tahapan setiap satu tahun, sebelum mengawal penyusunan musrenbang dari daerah hingga musrenbangnas. Dan selanjutnya DPD RI juga melaksanakan pengawalan pelaksanaan APBN di bulan Juni sampai September.
“Kami akan menampung semua aspirasi peserta, untuk kami tindaklanjuti ke tingkat pusat, karena DPD RI berperan besar untuk menjembatani kepentingan daerah ke pusat,” ujarnya.
Oleh sebab itu, DPD RI sangat  memerlukan sinergitas antara DPD RI dengan pemangku kepentingan. “Kami selalu berkomitmen untuk menjembatani ini ke pemerintah pusat, dan DPD RI memiliki kemandirian dalam menyusun program yang akan disampai ke Presiden serta dibahas bersama DPR,” tandasnya.
Gubernur Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi mengatakan, melalui rakor ini, para satuan perangkat kerja daerah (SKPD) yang ada di pemerintah provinsi (Pemprov) Bangka Belitung harus bisa memanfaatkan kesempatan ini.
“Kita harap rombongan DPD RI bisa mengapresiasi kami dalam mempercepat pembangunan dan dapat membantu kita menyampaikan hak-hak serta harapan kita. Terimakasih untuk DPD RI yang sudah memberi kesempatan bagi kami menyampaikan pernyataan untuk membangun Provinsi ini,” tutup Rustam. (rel)