DPE Telah Koordinasi ke PLN

by -

MANGGAR – Dinas Pertambangan dan Energi (DPE) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) telah berkoordinasi dengan PLN cabang Tanjungpandan, guna menindaklanjuti ketersediaan listrik di wilayah dusun Tungkup Desa Nyuruk, Kecamatan Dendang.

‘Kita sudah berkoordinasi dengan PLN, mereka setuju. Sekarang tinggal menunggu persetujuan dari pihak perusahaan sawit yang akan dilalui jaringan PLN,” ujar Plt Kepala DPE Beltim, Harli Agusta menjawab pertanyaan harian ini, Jumat (25/2) kemarin.

Persetujuan dimaksud, kata Harli, terkait penebangan beberapa kelapa sawit milik perusahaan yang akan dipasang jaringan tiang.

“Setidaknya akan ditebang 1 hingga 2 batang kelapa sawit disepanjang sisi jalan yang dilewati jaringan,” jelas pria yang akrab disapa Kecang.

Kecang juga menjelaskan, rencana pemasangan jaringan listrik menuju dusun Tungkup memiliki dua opsi. Namun, setelah mempertimbangkan kondisi lapangan, aliran listrik akan menggunakan jaringan dari Desa Nyuruk, Kecamatan Dendang.

“Kalau dari Desa Nyuruk kecamatan Dendang memang jaraknya cukup jauh, sekitar 12 kilometer. Sedangkan dari Desa Simpang Tiga kecamatan Simpang Renggiang, sekitar 7 kilometer, tapi karena dari Desa Simpang Tiga akses jalannya belum memadai maka tetap ditarik dari Desa Nyuruk,” kata Kecang.

Sebelumnya, anggota DPRD Beltim dari fraksi Nasdem, Suradiotuwiryo menyampaikan keinginannya agar listrik (PLN) didaerah atau kawasan dusun Tungkup Desa Nyurok Kecamatan Dendang segera dipasang.

Suradio beralasan, jika listrik di Gunung Nayo Desa Air Kelik Kecamatan Damar akan dipasang tahun ini, seharusnya dusun Tungkup juga demikian.

“Mengapa di Gunung Nayo dipasang/diprogramkan PLN sedangkan di Tungkup tidak, kan sama pak, Tungkup juga masih masuk bagian Indonesia Raya, meski terpencil namun kiranya juga diperhatikan,” ungkap Suradio saat rapat paripurna jawaban Bupati Beltim terhadap pemandangan umum fraksi tentang penyampaian Ranperda.feb)