DPO Polres Sawah Lunto Dibekuk di Belitung

by -
DPO Polres Sawah Lunto
Anggota Polsek Badau dan Polres Belitung mengamankan pelaku tindak pidana persetubuhan anak di bawah umur DPO Polres Sawah Lunto, Selasa (11/2/2020). Foto : Ist/dok Polsek Badau

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Afredo (20) warga asal Lubang Tembok, Kelurahan Saringan, Kecamatan Baringan Kota, Kabupaten Sawah Lunto diamankan Jajaran Unit Intel dan Reskrim Polsek Badau yang dibantu personel Polres Belitung, Selasa (11/2) sekitar pukul 20.30 WIB.

Afredo sebelumnya masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Sawah Lunto, Provinsi Sumatera Barat, yang diduga sebagai pelaku tindak pidana persetubuhan anak dibawah umur. Kapolsek Badau Iptu Sugraito mengatakan, pelaku diamankan di Jalan Keramik mess PT. Sanmix, Selasa (11/2).

Kemudian pelaku tindak pidana persetubuhan anak di bawah umur ini awalnya terjadi di Gunung Timbago Kelurahan Saringan Kecamatan Baringan Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatra Barat. Hal itu sesuai dengan LP/35/B/X/2019/SPKT RES SAWAHLUNTO yang dilaporkan pada tanggal 24 Oktober 2019 lalu.

Lebih lanjut, kata Iptu Sugraito, diketahuinya adanya tindak pidana tersebut lantaran korban, AR (16) warga Kecamatan Baringan Kota Sawah Lunto Provinsi Sumatra Barat itu mengaku sakit perut kepada ibunya.

Kemudian dengan sigap ibu korban membawa anaknya tersebut (korban) ke seorang bidan, Senin (8/10/2018) lalu. Sesampai di sana dan selesai diperiksa, korban dinyatakan tepah berbadan dua dengan umur kandungan 4 bulan.

“Atas kejadian tersebut, ibu korban melaporkan kejadian tersebut ke kantor Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polres Sawah Lunto untuk proses lebih lanjut,” kata Iptu Sugraito kepada Belitong Ekspres.

Berdasarkan hal itulah, unit Intel Polsek Badau Polres Belitung mendapatkan laporan dari Polres Sawah Lunto saat ini pelaku tersebut berada di Pulau Belitung, tepatnya bekerja di wilayah Kecamatan Badau. Dari pengembangan itu diperoleh informasi bahwa pelaku bekerja di PT. Sanmix Jl. Raya Badau Desa Badau, Kecamatan Badau.

“Sekira pukul 20.00 wib langsung dilakukan penangkapan terhadap pelaku Afredo yang sedang berada di Mess PT. Sanmix Jalan Keramik Kecamatan Tanjungpandan,” jelas IPTU Sugraito.

Saat ini pelaku diamankan di Mako Polres Belitung untuk selanjutnya diserahkan kepada Anggota Polres Sawah Lunto. “Pelaku sudah kami amankan dan akan dijemput anggota Polres Sawah Lunto siang ini. Informasinya mereka sudah berangkat menuju Belitung,” pungkasnya. (fg6)

Editor: Yudiansyah