DPRD Ajukan Perda Inisiatif Penamaan Jalan

by -

MANGGAR – DPRD Kabupaten Belitung Timur (Beltim), dalam waktu dekat akan mengajukan Perda Inisiatif Penamaan Jalan, di Kabupaten Beltim. Beberapa waktu lalu DPRD Beltim pun sudah melakukan dialog dengan masyarakat di 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Beltim.

 

“Saya dan kawan-kawan menyambut baik aspirasi yang disampaikan dengan membuat usulan Perda Inisiatif tersebut,” ungkap Anggota Komisi I DPRD Beltim, Koko Haryanto, yang juga terlibat dalam kegiatan dialog, Selasa (9/2) kemarin.

 

Koko, menilai hal ini urgent untuk dibahas dan dijadikan bahan untuk mengusulkan perda inisiatif ke Baleg. Agar awal tahun ini bisa disampaikan dalam kegiatan Paripurna dan dibahas bersama-sama oleh eksekutif.

 

‎ Usulan masyarakat ini kata dia, didorong oleh adanya beberapa jalan yang telah diberi nama yang belum melalui rembuk/musyawarah dengan masyarakat desa yang bersangkutan.

 

“Ini mesti diatur, supaya kedepan jangan sampai ada konflik soal penamaan jalan seperti beberapa waktu lalu pernah terjadi di Kelapa Kampit, Damar dan Gantung,” sebut Koko.

 

Bahkan ia menegaskan bahwa ada aturan-aturan, prosedur dan kriteria-kriteria tokoh yang harus dilalui dalam memberikan sebuah nama jalan.

 

“Tentu ini juga menyangkut aset daerah dan harus clear jangan terjadi tumpang tindih. Oleh karena itu, DPRD mengajukan Perda ini agar ke depan setiap penamaan jalan melalui mekanisme yang benar sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Perda,” tutup Koko. (feb)