DPRD Babel Minta Pelantikan Gubernur Terpilih Dipercepat

by -

*Masa Jabatan Rustam-Dayat Berakhir 7 Mei
*Rustam Ajak Dukung Erzaldi-Fatah

“Rencananya pelantikan dilakukan di istana. Saya maunya tidak dengan Plt penyerahan tugasnya.  Saya maunya sama dengan yang asli (Erzaldi,red), kalau sama Plt kurang cantik ya.”
H Rustam Effendi SE
(Gubernur Babel)

Jum’at (24/3) kemarin, dilaksanakan Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Babel terpilih hasil Pilkada 15 Februari lalu, sebagaimana amanat Undang-Undang 10 tahun 2016.

BERKENAAN dengan penetapan ini, DPRD Babel akan mendesak Kemendagri dapat memberikan masukan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo agar mempercepat pelantikan Erzaldi-Abdul Fatah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih.  Keinginan itu disampaikan Ketua DPRD Provinsi Babel, Didit Srigusjaya kepada wartawan usai Rapat Paripurna Istimewa Pengumuman Hasil Penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Babel terpilih periode 2017-2022 di Gedung DPRD Babel, Jumat (24/3).   “Hari ini (kemarin,red) berkas penetapan Gubernur Babel terpilih yang sudah kita tanda tangani akan saya bawa langsung bersama Sekretaris Daerah Babel Yan Megawandi ke Kemendagri,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan itu mengaku belum mengetahui kapan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih akan dilantik, mengingat kewenangan Presiden.  Hanya saja, kata Didit bila dijadwalkan Oktober pihaknya agak keberatan, mengingat masa akhir tugas Gubernur dan Wakil Gubernur Babel, Rustam Efendi-Hidayat Arsani terakhir 7 Mei 2017.  “Kalau Oktober pelantikannya, transisinya terlalu jauh, nanti kita akan sampaikan masukan ke Kemendagri agar dapat memberikan masukan kembali kepada Presiden untuk mempercepat pelantikanya,” harapnya.

utama-edisi-25-maret-2017-pilkada
Ketua DPRD Babel menandatangan Penetapan Gubernur dan wakil Gubernur Terpilih, dalam rapat paripurna, kemarin.

Sementara itu, ketua Bawaslu Babel Bagong Susanto menyampaikan, bahwa pihaknya menghaturkan terimakasih telah dilakukan pengumuman penetapan Gubernur/wakil Gubernur Babel terpilih 2017-2022 melalui sidang paripurna istimewa kemarin. Ia pun berharap, agar proses selanjutnya berjalan dengan aman hingga pelantikan nantinya.
“Alhamdulillah, DPRD Bangka Belitung sudah melakukan pengumuman hasil penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pilkada lalu. Mudah-mudahan prosesnya lancar hingga pelantikan,”jelasnya.

Desakan agar pelantikan Gubernur Babel terpilih dipercepat juga disampaikan Anggota DPRD Provinsai Babel lainya, Yusderahman.  Sebab menurut dia, Gubernur definitif harus disegerakan bukan Plt (Pelaksana tugas). Pasal ada kebijakan-kebijakan yang tidak bisa dilakukan seorang Plt.  “Kita mendesak mendagri agar memberikan masukan kepada Presiden untuk mempercepat pelantikan Gubernur, termasuk juga beberapa Provinsi lain di luar DKI Jakarta,” pinta pria akrab disapa Yus itu.

Sementara itu, Gubernur Babel Rustam Effendi menyerahkan waktu dan jadwal pelantikan sepenuhnya sesuai kewenangan pusat.  “Itu kan pusat, Mendagri sudah bicara semuanya kembali keaturan, ya mau tidak mau kita ikut aturan itu,” kata Rustam.

Hanya saja, Politisi PDI Perjuangan ini berharap serah terima tugas dilakukan langsung dengan Gubernur definitif bukan kepada Plt. Ia menilai kurang pas jika serah tugas akhir jabatannya kepada Plt.

“Rencananya pelantikan dilakukan di istana. Saya maunya tidak dengan Plt penyerahan tugasnya.  Saya maunya sama dengan yang asli (Erzaldi,red), kalau sama Plt kurang cantik ya,” candanya dengan senyum sumringah.

Rustam Ajak Dukung Erzaldi
Rustam Effendi pun menambahkan, bahwa perbedaan-perbedaan dalam kompetisi pada Pilkada Babel 2017 sudah berakhir. Ia pun berharap, agar seluruh komponen masyarakat dapat bersatu mendukung pemerintahan yang nanti akan dijalankan Erzaldi Rosman dan Abdul Fatah.  “Kompetisi tahap awal, kalau sudah menjadi keputusan dan proses demokrasi yang baik, saya fikir harus menerima itu.  Dari awal sudah kita tanamkan, menang oke, kalah oke. Bagi saya, siapapun yang menang sudah dengan proses yang benar dan masyarakat memilih dengan hati nuraninya.  Saya berharap pak Erzaldi dan pak Fatah, bisa mensinkronkan antara kebijakan beliau dengan yang sudah ada. Dan saya minta kepada seluruh komponen masyarakat, kalau kemarin ada perbedaan satu sama lain, sekarang tidak ada lagi,” kata Rustam.(fiz)