DPRD Babel Rampungkan Reses Perdana

by -

PANGKALPINANG – Sidang paripurna hasil reses 45 anggota DPRD Bangka Belitung (Babel), masa sidang I tahun 2015, Selasa (30/3) lalu, dapat direspon positif oleh eksekutif. Kegiatan reses kali pertama bagi legislator DPRD Babel periode 2014-2019 itu, sudah dilaksanakan di masing-masing Dapil (Daerah Pemilihan)-nya.
“Intinya, apa yang sudah kami sampaikan secara tertulis itu, merupakan hasil yang kami dapat dan dievaluasi, serta kroscek di lapangan. Hasil reses itu, merupakan keluhan dan aspirasi dari masyarakat,” ujar Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya, kepada wartawan, Rabu (1/4) kemarin.
Kendati telah disampaikan secara tertulis melalui sidang paripurna, Didit masih merasa khawatir, realisasi dari keinginan masyarakat tersebut, tidak terkamodir secara maksimal oleh eksekutif. “Kadang-kadang DPRD Bangka Belitung ini, merasa hasil reses kita ini dikhawatirkan tidak mendapat respon positif dari pihak eksekutif,” keluh Didit.
Ketua kehormatan dan pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Babel itu pun berjanji, akan berusaha memperjuangkan hal-hal yang telah didapat dari masyarakat untuk diperjuangkan dalam APBD tahun 2016. Namun ia mengingatkan, jika hal-hal yang bukan kewenangan provinsi, tentunya akan diserahkan ke Kabupaten/Kota masing-masing.
“Kami akan berusaha memperjuangkan apa yang menjadi keinginan masyarakat dalam APBD tahun 2016. Dalam tanda kutip hal-hal yang bukan kewenangan provinsi, kemungkinan akan kita ajukan ke Kabupaten/Kota. Jika pun nanti kabupaten dan kota tidak ada dana, kita akan bentuk program Daba (Daerah bawahan),” imbuhnya.
Adanya keluhan terhadap anggota dewan tidak turun ke lapangan ke pelosok-pelosok desa saat reses, Didit menanggapi santai perihal tersebut. Namun ia meyakini, jika reses yang sudah dilakukan tersebut sudah ideal, turun ke lapangan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.
“setiap anggotakan beda karakter, tapi semenjak kami di DPRD Babel ini, reses tetap dilaksanakan turun ke lapangan. Contoh di Bangka Tengah, kami bagi dua tim, karena tidak mungkin kami mengakomodir semuanya. Tapi setidaknya, kami mendapatkan apa yang terjadi dan keinginan maupun keluhan dari masyarakat,” tandasnya.(iam)