DPRD Belitung Kecewa, Banyak OPD Tak Hadiri Paripurna

by -
DPRD Belitung Kecewa, Banyak OPD Tidak Hadiri Paripurna
Ketua DPRD Kabupaten, Ansori.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – DPRD Kabupaten Belitung kecewa banyak Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak hadir pada Rapat Paripurna dengan agenda Jawaban Exsekutif terhadap pemandangan umum anggota fraksi pada LKPJ Bupati Tahun 2020.

“Kami sangat menyayangkan, banyak kepala OPD yang tidak hadir di momen-momen Paripurna yang sangat penting seperti sekarang ini,” sesal Ketua DPRD Kabupaten Belitung Ansori kepada Belitong Ekspres, Senin (19/4) kemarin.

Menurutnya, dalam sidang Paripurna banyak aspek-aspek teknis yang bisa didengar secara langsung agar bisa ditindak lanjut. Selain itu, sidang Paripurna merupakan agenda penting yang sudah terjadwal untuk membahas perkembangan daerah. Sehingga kehadiran kepala OPD dalam rapat Paripurna dinilai cukup penting.

“Dalam suatu rapat tidak menutup kemungkinan ada pembahasan yang bersifat teknis dan memerlukan penjelasan atau tanggapan langsung dari OPD terkait, sehingga bisa menjadi lebih jelas dan cepat,” pungkasnya.

Senada dikatakan Ketua Komisi I DPRD Belitung Syamsir. Dirinya juga merasa prihatin melihat banyaknya kepala OPD yang tidak hadir dalam rapat Paripurna. “Paripurna pengambilan keputusan atau pandangan fraksi merupakan catatan strategis kami jadi kami harapkan bisa hadir dan tidak diwakilkan,” katanya.

Dikatakannya Politisi PPP tersebut, rapat Paripurna merupakan wujud satu kesatuan komponen pemerintah daerah baik antara jajaran eksekutif, legislatif dan Forkopimda. “Ini adalah bentuk sinergitas yang tidak terpisahkan serta bentuk keseriusan kita bekerja untuk melayani masyarakat,” katanya.

Bakal Bentuk Pansus

Guna mendalami Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Belitung Tahun 2020, DPRD Kabupaten Belitung bakal membentuk tim Panitia Khusus (Pansus).

Ketua DPRD Kabupaten Belitung Ansori menjelaskan, ada tiga tim Pansus yakni Pansus I bidang Hukum dan Pemerintahan, Pansus 2 bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan kemudian Pansus 3 bidang Kesejahteraan Rakyat.

“Tim Pansus ini nanti akan bekerja kurang lebih selama satu bulan guna membahas LKPJ Bupati Belitung Tahun 2020. Hasil dari tim Pansus tersebut nanti akan di Paripurnakan,” kata Ansori kepada Belitong Ekspres.

Oleh sebab itu Politisi PDI-Perjuangan tersebut meminta kepada tim Pansus yang akan dibentuk tersebut agar dapat bekerja dengan semaksimal mungkin. Menurutnya, pembentukan Pansus tersebut memang sesuai dengan kebutuhan guna mendalami LKPJ tersebut. (rez)