DPRD Beltim Perbaharui MoU Datun dengan Kejari

by -
DPRD Beltim Perbaharui MoU Datun dengan Kejari

belitongekspres.co.id, MANGGAR – DPRD Kabupaten Belitung Timur (Beltim) memperbaharui kesepakatan bersama (MoU) dengan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung Timur, Selasa (14/1/2020). Kesepakatan bersama tersebut meliputi kerjasama di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun).

“Hari ini Kejaksaan Negeri Belitung Timur hadir disini untuk melaksanakan MoU dan silaturahmi dan juga kami sangat menerima jika ada masukan-masukan untuk kemajuan kita bersama,” ujar Ketua DPRD Beltim, Fezzi Uktolseja saat menerima Kajari dan jajarannya.

Dikatakan Fezzi, MoU yang disepakati bersama Kejaksaan Negeri merupakan kelanjutan hal serupa pada tahun sebelumnya. Ia menyadari, anggota dewan yang terpilih memiliki latar belakang berbeda sehingga perlu pendampingan seperti bantuan hukum.

DPRD Beltim Perbaharui MoU Datun dengan Kejari - 2

“Kami sangat berterima kasih dengan ada MoU ini, dan ini merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya dan kami sangat menyambut baik dikarenakan kami di DPRD dengan latar belakang berbeda-beda,” jelas Fezzi.

Latar belakang itulah yang kemudian menjadi dasar pihak DPRD Belitung Timur meminta bantuan Kejaksaan Negeri. “Nantinya kami bisa berkoordinasi dsn berkolaborasi untuk pembangunan Beltim kedepan lebih baik,” kata Fezzi.

DPRD Beltim Perbaharui MoU Datun dengan Kejari - 3

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Belitung Timur Abdur Kadir SH juga mengungkapkan hal senada. Kejaksaan, dikatakan Kadir, siap memberikan bantuan hukum apabila diminta dan dianggap perlu oleh pihak DPRD Belitung Timur.

“Tujuannya adalah meningkatkan kerjasama antara Kejaksaan dengan DPRD dibidang Perdata dan Tata Usaha Negara. Kita siap memberikan bantuan hukum kepada DPRD apabila diperlukan ada gugatan-gugatan yang bersifat litigasi tetapi juga memberikan konsultasi hukum, seperti misalnya infilterisasi Perda,” ujar Kadir.

Menurut Kadir, MoU yang disepakati juga menjadi bagian dari petunjuk pimpinan supaya Kejaksaan bekerjasama dengan DPRD dalam rangka pelaksanaan Perda. “Lebih sinergi, tidak tumpang tindih dan dapat memberi kemanfaatan kepada masyarakat Beltim,” kata Kadir.

Editor: Yudiansyah
Reporter: (adv/msi)