DPRD Dorong Pengadaan Toilet Mobile

by -

*Cermin Layanan Kepada Turis, Jika Pariwiasta Jadi Sektor Unggulan

TANJUNGPANDAN-Keluhan dan masukan dari pelaku wisata maupun turis yang berkunjung ke Belitung soal toilet, nampaknya mulai mendapat respon dari kalangan pemerintahan. Setidaknya, repson sudah ditunjukkan oleh DPRD Belitung.

Melalui Wakil Ketua DPRD Belitung Isyak Meirobie, DPRD akan memperjuangkan adanya pengadaan Toilet Mobile (Toilet Begerak-dengan mobil) pada tahun anggaran 2016 mendatang. “Setidaknya ada tiga unit Mobile Toilet di tahun 2016 mendatang harus diadakan,’’ ujar Isyak pada acara Focus Group Discussion, pekan lalu di Green Tropical Hotel Belitung.

Menurut Isyak, keberadaan toilet di lokasi-lokasi startegis sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat dan khususnya turis yang berkunjung ke Belitung. Semisal di Pantai Tanjungtinggi, di sana hampir tidak ada toilet. Meski pun ada, bilik-bilik yang dibuat warga tanpa ada perencanaan matang dan terkesan malah kumuh.

“Sebagai daerah yang sudah mencanangkan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan, maka masalah fasiltas umum harus diperhatikan. Apalagi, ketika bicara soal pariwiasta adalah bicara soal pelayanan. Alangkah celakanya kita jika turis merasa kecewa dan memiliki kesan negatif tentang Belitong,’’ papar politisi Partai Nasdem tersebut.

Menurut Isyak, dari waktu ke waktu tingkat kunjungan wistawan ke Belitung terus meningkat. Di tahun 2014 lalu, sudah mencapai angka hampir 200 ribu orang turis berkunjung ke Belitung. “Saya yakin, dengan maksimalknya pelayanan kepada turis, akan semakin meningkat minta turis berlibur ke Belitong,’’ ungkap pendiri Resto Tempo Doeloe tersebut.

Isyak mengingatkan kepada Pemerintah daerah melalui Dinas terkiat baik Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk terus fokus mengontrol layanan toilet di berbagai obyek wisata. “Selama ini masih saja ada keluhan soal toilet yang tak layak di berbagai lokasi wisata. Masukan dankeluhan dari turis jangan dianggap angin lalu, itu adalah masukan sangat berharga dan pelecut untuk kita maju,’’ terangnya.(agu)