DPRD Dukung FLP 2015

by -

*Pemerintah Diminta Dukung Langsung, Termasuk Soal Anggaran

TANJUNGPANDAN-Dukungan terhadap kegiatan (even)  Festival Laskar Pelangi (FLP), Pantai Tanjungtinggi, 27-29 Agustus 2015 terus mengalir. Pernyataan dukungan kali ini datang dari kalangan DPRD Belitung, yakni melalui Wakil Ketua DPRD Belitung Isyak Meirobie.
Menurut Isyak, FLP 2015 adalah bentuk kreatifitas yang lengkap untuk membangun kemajuan sektor kepariwisataan Belitong. Karya FLP ini menunjukkan kearifan lokal dari urang Belitong yang berbasis pada nilai-nilai dan budaya serta latar belakang keberagaman.
“Maka dari itu, pemerintah harus mendukung, mendorong dan memperhatikan acara ini dengan serius, termasuk dalam hal dukungan pendanaan. Sebab, dengan adanya kegiatan ini, akan menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Belitong,” ujar ketua Fraksi Nasdem DPRD Belitung tersebut kepada Belitong Ekspres, Jumat (21/8), kemarin.
Dikatakan Isyak, DPRD Belitung memastikan mendukung kegiatan ini sebagai agenda rutin tahunan yang berlandaskan kebijakan dan juga anggaran. Artinya, even ini harus dijadikan program tahunan pemerintah, khususnya Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Belitung.
“Jangan sampai terlupakan dan terlewatkan even FLP yang sudah kesekian kalinya digelar. Harus didukung penuh, karena ini bentuk perjuangan nyata para pelaku wisata dan segenap unsur masyarakat untuk peduli dengan kemajuan pariwisata Belitong,’’ papar Isyak.
Isyak menambahkan, kegiatan FLP yang didukung penuh oleh Andrea Hirata-ikon Pulau Laskar Pelangi ini sebagai bentuk branding (penguatan merek atau ikon,Red) yang konsisten untuk Belitung. Jadi, kehadiran even-even semacam FLP yang mengangkat berbagai atraksi produk dan kreatifitas masyarakat lokal, merupakan hasil nyata dari filosofi kearifan lokal. Dan inilah yang sebenarnya memiliki nilai jual tinggi dalam sektor pariwisata untuk mendongkrak kunjungan turis.
“Saat ekonomi sektor lain ambruk, sektor pariwisata ini menjanjikan dan menjadi kekuatan baru, meski belum semua segmen masyarakat bisa menikmati dampak langsung. Tapi yang jelas, semua unsur pemerintah, pelalu wisata, pengusaha dan warga secara umum harus sadar betul pentingnya membangun kebersamaan untuk memajukan pariwisata Belitong. “Biacara dampak pariwisata tak hanya dilihat dari pengusaha tour travel, kuliner dan oleh-oleh, tapi masih banyak sektor lain yang terkait, ini harus dipahami bersama,’’ tukasnya.
Seperti diberitakan, Panitia Festival Laskar Pelangi (FLP) 2015 terus mematangkan persiapan konsep dan teknis untuk gelaran even yang terbilang paling eksotik di tahun 2015 ini. Gelaran even FLP kelima yang akan dilangsungkan di Pantai Tanjungtinggi, 27-29 Agustus 2015 itu membawa misi untuk terus mempromosikan brand “Laskar Pelangi” sebagai pendorong pembangunan pariwisata Pulau Belitong. Sementara Andrea Hirata mengajak semua pihak mendukung kegiatan ini.(kin/agu)