DPRD Minta Bupati Gandeng Forkopimda

by -

*Dalam Berkoordinasi Laksanakan Pembangunan Daerah

TANJUNGPANDAN-Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung Isyak Meirobi menyatakan, keberhasilan pembangunan suatu daerah daerah tidak hanya dilakukan oleh unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Jadi, seperti dalam Bupati/Wakil Bupati dan DPRD Belitung harus mampu bekerja sama dengan stake holder pemerintahan di daerah.

“Jadi, perlu adanya pembangunan daerah melibatkan seluruh unsur Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah,Red),” kata Isyak kepada Belitong Ekspres, Rabu (25/2) kemarin.

Ketua DPD Partai NasDem Belitung ini lebih jauh menjelaskan soal undang-undang No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Dikatakan, pada Pasal 26 ayat 2 dan ayat 3 dengan sangat jelas menyebutkan soal keberadaan Forkopimda. “Forkopimda di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota terdiri atas pimpinan DPRD, pimpinan Kepolisian, pimpinan Kejaksaan dan pimpinan satuan teritorial TNI di daerah,” paparnya.

Dengan begitu, kata Isyak, perlu dibangun komunikasi intensif yang berkesinambungan antara semua unsur Forkopimda yang dimotori oleh Bupati sebagai Ketua Forkopimda. “Pertimbangan-pertimbangan dari unsur Forkopimda akan sangat membantu proses kelancaran pembangunan, karena melihat permasalahan dari berbagai sisi/dimensi,” ujarnya Politisi yang akrab sering disapa Cak Robie itu.

Karena itu, selaku salah satu unsur pimpinan DPRD Belitung, Isyak meminta Bupati segera menjadwalkan secara rutin agenda rapat dengan Forkopimda yang dilakukan minimal dua kali setiap bulan. “Jangan seakan-akan, kita (Pemda,red) mengabaikan amanat undang-undang dan menganggap unsur-unsur di Forkopimda ini antara ada dan tiada,” ucapnya.

Padahal, kata dia, kemampuan semua unsur ini tidak perlu diragukan dalam mempercepat penyelesaian persoalan di daerah. Termasuk bisa berinovasi dan mampu menyusun perencanaan pembangunan daerah. “Forkopimda juga mampu menjaga stabilitas politik,keamanan, dan sosial di masyarakat melalui koordinasi dan sinergitas,” tandas politisi berlatar belakang pengusaha ini. (mg2)