DPRD Pertanyakan Efektifitas Beasiswa

by -1 views

*Akan Panggil Disdik Soal Program Beasiswa Kuliah ke Luar Belitung

MANGGAR –Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dalam waktu dekat akan memanggil Dinas Pendidikan (Disdik) Beltim. Pemanggilan tersebut erkait pemberian beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu yang menempuh pendidikan perguruan tinggi di luar pulau Belitung.

Ketua Komisi III DPRD Beltim, Ardian mengatakan pihaknya akan memanggil Dindik Beltim untuk mempertanyakan tingkat efektifitas pemberian beasiswa dan perguruan tinggi yang dilakukan kerjasama.

“Kami akan panggil Dindik Beltim terkait kejelasan terhadap adanya enam orang mahasiswa yang keluar dari perguruan tinggi setelah selama ini di biayai oleh Pemda. Disebutkan, saat ini ada 102 mahasiswa masih ada di Surya Institut, yang awalnya ada 108 orang,” jelas Ardian, Rabu (6/5) kemarin.
Selain itu, kata Ardian, atas biaya yang telah dikeluarkan untuk enam mahasiswa harus ada pertanggungjawaban. Termasuk pemberlakuan sanksi dan pengembalian biaya selama menempuh pendidikan di Surya Institut.

“Saat ini, kebanyakan mahasiswa yang memperoleh beasiswa di Surya Institut, mayoritas mengambil jurusan keguruan. Nah, bagaimana nantinya mereka akan dipekerjakan setelah lulus,” tanyanya?.
Ardian menyebutkan, total anggaran tahun 2015-2016 yang disiapkan Pemda untuk beasiswa mencapai Rp. 15 miliar. Jumlah tersebut, belum termasuk rencana penambahan mahasiswa baru di beberapa perguruan tinggi lain, seperti Tantri Abeng University (TAU) yang rencananya akan menerima 40 orang mahasiswa.

Ditemui terpisah, Kepala Dindik Beltim, Hartoyo membenarkan adanya mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Surya Institut sebanyak 102 orang. Bahkan, rencana menambah penerima beasiswa di perguruan tinggi lain, juga diakuinya.

“Benar, tahun ini kita juga akan memberikan beasiswa yang rencananya akan dikuliahkan ke TAU. Ada sekitar 40 pelajar kurang mampu nantinya akan kita kuliahkan kesana,” terangnya.
Namun, disinggung soal besaran beasiswa setiap mahasiswa, Hartoyo enggan berkomentar. Hanya saja, dirinya memastikan Dindik memiliki data jumlah dan penerima beasiswa.

“Wah kalo itu saya tidak sepenuhnya tahu, tapi kita punya datanya. Saya lupa berapa biaya per orang untuk di Surya Institut, nanti tanya sama Kabid Pendidikan Menengah,” tandasnya. (feb)