DPRD Pertanyakan Seleksi Pilkades Tahap Kedua

by -

‎MANGGAR – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak untuk 17 Desa di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), sudah memasuki tahapan pendaftaran calon kepala desa. Namun, Komisi I DPRD Beltim, mengakui masih menerima banyak pertanyaan-pertanyaan menyangkut penyelenggaraan Pilkades dari beberapa desa yang mengikuti pelaksanaan pilkades serentak tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi I Bidang Pemerintahan, DPRD Beltim, Koko Haryanto. Ia berpendapat masih adanya beberapa pertanyaan yang sering  disampaikan semestinya sudah harus terjawab dalam peraturan Bupati dan Juklak Juknis pelaksanaan Pilkades.

DPRD Beltim telah membuat payung hukumnya berupa Perda No.10 tahun 2015. Lantas dengan mendasari Perda, Peraturan Bupati nomor 9 tahun 2016, tentang tatacara pemilihan Kepala Desa, dan Juklak-Juknis Pilkades sudah dibuat dan tersosialisasi. Sehingga ini akan menjadikan pemahaman panitia lebih baik dan lebih cepat tersosialisasi dengan bakal calon.

“Mengingat pula bahwa Perda Pilkades tidak memuat hal-hal yang tehnis operasional. Salah satu pertanyaan menyangkut soal tehnis untuk melakukan seleksi tahap kedua bila calon lebih dari 5 orang, ” ungkap Koko yang ditemui Belitong Ekspres, Rabu (10/2) kemarin.  (feb)